Wanita umumnya sangat mengkhawatirkan penyakit ini, apalagi kalau bukan kista yang bisa menyerang siapa saja. Bagi wanita yang belum menikah penting nih untuk memeriksakan diri agar tidak perlu cemas saat nanti tidak kunjung hamil. Kita perlu mengenali kista dengan beragam karakternya, ada yang jinak dan ada pula yang dapat memperkecil peluang masa kehamilan.

Yuk, Bunda Kita Mengenal Lebih Dalam tentang Kista

Jenis Kista

Kista Ovarium

Umumnya kista ovarium termasuk kista jinak namun patut diwaspadai jika ukurannya kian membesar hingga 6 sampai 8 cm terutama jika kista ini muncul pada masa kehamilan. Kista ini sebenarnya tak akan mengganggu perkembangan janin, namun bila timbul rasa sakit, bisa jadi ini adalah akibat dari perkembangan kista yang kemudian memecah. Bila sakit ini terjadi, segera hubungi dokter. Bila kondisi ini terjadi pada masa kehamilan bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Kista Endometriosis

Kista Endometriosis bentuknya berbeda dengan kista dan mirip bentuk kelenjar di dinding rahim, namun tumbuh di luar rahim. Kista Endometriosis yang membuat wanita kurang subur dan sulit hamil. Penderita endometriosis stadium 1-2 biasanya masih bisa memiliki anak secara normal setelah perawatan. Namun untuk stadium yang lebih lanjut, cenderung lebih sulit untuk memiliki anak.

Haruskah menjalani operasi?

Keputusan harus menjalani operasi atau tiidak disesuaikan dulu dengan jenis kista dan ukurannya dengan memperhatikan faktor usia. Ada jenis kista yang bisa berangsur-angsur sembuh. Namun bila kista sudah mencapai ukuran tertentu atau menimbulkan nyeri, biasanya sudah waktunya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, hingga operasi.

Jika ternyata bunda memiliki kista, jangan panik dulu. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai alternatif yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah gejalanya makin parah. mengurangi stres juga dapat mempercepat proses penyembuhan kista lho bun.

Semoga bermanfaat bunda.

Dibaca 524 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page