Masalah Anak Susah Makan

Masa pertumbuhan anak adalah masa dimana si kecil butuh asupan nutrisi yang cukup dan tentunya sehat ya Bunda, tapi ada beberapa diantaranya yang dihadapkan juga dengan masalah anak yang Susah Makan. Mulai dari si anak yang suka pilih-pilih makanan bahkan ada yang memang lebih suka jajan dibandingkan dengan makan makanan rumahan yang sudah Bunda siapkan kecukupan gizinya.

Yang Menjadi Faktor Anak Susah Makan

Susah Makan ini ada dua faktor penyebabnya, yang pertama adalah faktor psikis, dan yang kedua adalah faktor fisik. Faktor yang pertama yaitu faktor psikis mencakupi gangguan psikologis yang dialami si anak, misalnya saja seperti :

  • Suasana makan yang tidak begitu menyenangkan bagi si anak.
  • Situasi rumah tangga Bunda yang mungkin sedang bermasalah.
  • Anak tidak pernah makan dengan orang tua.
  • Si anak dipaksa makan makanan yang sebenarnya dia tidak suka.
  • Dll.
Plester Luka Ini Malah Membuat Kulit Anak Melepuh

Sedangkan untuk faktor fisiknya lebih kepada kondisi kesehatan si anak, seperti adanya gangguan kesehatan pada organ pencernaan atau juga adanya infeksi di dalam tubuh anak. Jadi sebaiknya faktor-faktor ini perlu sangat diperhatikan oleh Bunda agar masalah Susah Makan yang dialami oleh anak Bunda dapat teratasi.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Ini?

Ada beberapa catatan yang bisa jadi pilihan untuk mengatasi masalah Susah Makan ini, dan tentunya ini bisa menjadi tips dan trik Bunda yang mungkin bisa membantu Bunda :

Sajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

Berikan makanan sedikit demi sedikit, karena Bunda juga harus tahu bahwa lambung si kecil belum bisa menampung terlalu banyak makanan yang Bunda berikan.

Makanan Yang Bervariasi

Buatkanlah beberapa menu makanan, dan berikanlah kepada si kecil. Biasanya si kecil akan lebih suka untuk memakan makanan yang ia pilih sendiri.

Penyajian Yang Menarik

Kalau sudah memberikan menu yang bervariasi dan si kecil sudah memilih, coba Bunda buatkan menu pillihan si kecil tersebut dengan bentu yang menarik. Misalnya saja jika Bunda membuatkan nasi goreng, sajikan nasi goreng tersebut dengan cetakan yang berbentuk unik.

Cara Jitu Atasi Balita Cegukan

Buat Suasanan Makan Yang Menyenangkan

Hadirkan suasana yang menyenangkan saat sedang makan, jangan malah mengancam, menghukum ataupun membentaknya supaya si kecil makan lebih banyak. Hal tersebut hanya akan memberikan trauma psikologis padanya.

Makan Yang Teratur

Jadwalkan waktu makan si kecil dengan teratur, seperti ada jadwal tidur, mandi, dll.

Kasih Camilan Sehat

Saat si kecil memasuki usia aktifnya yaitu kurang lebih usia 2 tahun, tentunya ia akan banyak mengeksplorasi lingkungannya, dan hal ini mungkin juga akan membuat si kecil sulit untuk bisa duduk manis. Siasati hal ini dengan memberikannya camilan ringan yang sehat yang bisa Bunda buat sendiri seperti donat, kue-kue, bola kentang berisi daging dan sayuran serta masih banyak lagi.

Ajak Anak Untuk Ikut Menyiapkan Makanan

Saat Bunda berbelanja untuk membeli bahan menu masak, ajak si kecil. Misalnya jika Bunda berbelanja di pasar ataupun supermarket, minta pertolongannya untuk ikut mengambilkan. Selain itu saat menyajikan di meja makan, libatkan juga si kecil. Untuk makanan sehat, si kecil tentunya akan melihat contoh dari orang tuanya, maka dari itu Bunda pun harus membiasakan pola makan sehat dalam keseharian Bunda.

Nah itu dia kurang lebih beberapa Tipr dan Trik yang Bunda bisa lakukan sebagai solusi untuk membantu mengatasi anak Bunda yang Susah Makan.

Susah Makan

Dibaca 353 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page