Bagi wanita yang dalam posisi mengandung, fase menjelang ibu melahirkan merupakan sebuah hal mendebarkan sekaligus membuat banyak orang takut. Apalagi bagi yang pertama kali mengandung, pastinya lebih membuat nervous baik itu ibu ataupun ayah. Perjuangan berat melahirkan buah hati yang dinanti sering kali menciptakan cerita betapa sakitnya proses melahirkan. Bahkan karena terlalu sakitnya proses melahirkan sering diibaratkan sebagai medan perjuangan ibu untuk buah hatinya dan nyawa menjadi taruhannya.

Tips Ibu Melahirkan dengan Selamat

Melahirkan dengan normal dan selamat keduanya sudah pasti menjadi harapan semua orang. Pengorbanan ibu melahirkan akan terbayar dengan kesehatan keduanya baik ibu maupun sang buah hati. Meskipun semua itu kehendak yang Maha Kuasa, tapi manusia masih bisa berusaha agar proses persalinan berjalan lancar, ibu dan buah hati selamat. Untuk mempersiapkan diri menuju proses Ibu melahirkan, ibu bisa mempersiapkan diri agar prosesnya berjalan lancar.

Agar ibu melahirkan dapat berjalan dengan baik dan semuanya selamat, ada beberapa cara yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Yang pertama pasti selalu memanjatkan doa kepada Tuhan. Manusia boleh memiliki keinginan, namun Tuhan-lah yang memiliki kuasa. Jadi mintalah kepada yang memiliki segalanya.

senam hamil

Senam hamil setelah usai kandungan di atas 6 bulan dianjurkan untuk dilakukan. Dalam senam kehamilan ibu akan dilatih mengencangkan otot tubuh khususnya bagian pinggul dan organ intim, agar melatih proses persalinan. Selain itu ibu juga dilatih bagaimana menghadapi proses persalinan yang baik.

Bagaimana mendorong janin keluar, teknik pernafasan serta mengatur emosi dalam diri. Panik dan takut wajar saja menghinggapi, kalau terlalu berlebihan itu yang menghambat persalinan. Jadi bersikap tenang dan menumbuhkan pikiran positif harus juga dilakukan. Dengan pikiran tenang maka proses persalinan akan lebih mudah.

Lakukan jalan-jalan kecil sebelum proses persalinan berlangsung. Gerakan kaki itu bisa membuat proses bukaan akan lebih cepat dan menghindari rasa sakit ketika melahirkan. Dan terakhir siapkan mental untuk menghadapi semua ini. Latihan fisik, simulasi melahirkan dan berbagai hal lainnya tidak akan bekerja dengan baik jika mental tidak terbangun dengan baik. Dengan menerapkan beberapa langkah di atas cita-cita ibu melahirkan dengan selamat akan mudah tercapai. Tuhan berkehendak tapi kalau manusia sudah berusaha pasti Dia akan melihatnya.

Dibaca 586 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page