Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri yang baru menikah. Awal kehamilan adalah hal yang paling dihindari oleh para bunda yang akan mendapatkan anak baru. Kehamilan pada minggu-minggu pertama bisa dikatakan agak ribet, untuk mengetahui apakah sudah isi bayi atau belum didalam rahim, kehamilan diminggu pertama ini biasanya tidak memiliki tanda-tanda yang sangat detail. Tanda awal kehamilan tetap dapat dideteksi.

Ada beberapa tanda awal kehamilan, yang pertama terlambat datang bulan jika bunda baru saja melakukan hubungan suami istri dan setelah satu minggu kemudian bunda belum haid bisa dikatakan kalau bunda sudah haid. Tapi tanda melalui tanggalan ada kalanya tidak benar, karena belum tentu terlambat datang bulan berarti mengalami kehamilan. Bisa saja itu karena siklus yang tidak teratur selain menggunakan tanggal haid, cara untuk mengetahui kehamilan biasanya dengan cara mengeceknya langsung dengan menggunakan test.

Tanda yang pasti terjadi dan dialami oleh setiap bunda yang hamil memasuki minggu pertama adalah morning sickness. Tanda ini yang sering terjadi pada para bunda yang sedang mengalami kehamilan. Morning sickness ini sendiri yaitu suatu keadaan dimana bunda mengalami rasa mual dan kram perut disetiap pagi hari, hal ini terjadi hanya setiap pagi saja.

tanda awal kehamilan minggu pertama, tanda awal kehamilan

Tanda awal kehamilan yang lainnya adalah payudara terasa lebih lembut.  Jika bunda hamil, bunda akan merasakan jika payudara dan puting menjadi lebih lembut sekitar tiga minggu setelah pembuahan atau juga payudara menjadi bengkak hampir mirip pada saat akan menstruasi.

Temperatur basal tubuh akan naik jika apabila bunda mengalami kehamilan. Saat terjadi pembuahan, ovum dibuahi di tuba flopi, dan membutuhkan sekitar seminggu untuk ke rahim, ovum terbuahi akan menempel di sana. Selain itu tanda awal kehamilan yang lain adalah bunda menginginkan atau menolak makanan atau minuman tertentu. Kondisi ini sering disebut dengan ngidam.

Kebanyakan dari wanita hamil muda pasti mengalami fase ngidam ini, katanya ketika wanita hamil muda menginginkan sesuatu harus dituruti agar sang bayi dalam kandungannya selamat. Itu hanya mitos saja kembali lagi kepada kepercayaan kita masing-masing. Bagi bunda yang mengalami tanda atau gejala mengalami kehamilan sebaiknya cepat untuk diperiksakan kebenarannya ke dokter ataupun menggunakan tester.

Dibaca 1053 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page