Banyak dari bunda yang pernah mengalami kepanikan ketika si kecil terkena penyakit gondongan. Tidak hanya orang dewasa, penyakit gondongan pada anak biasanya terjadi pada usia 2 sampai 12 tahun. Penyebab gondongan yaitu virus Paramyxous dan sangat menular dan bisa menjangkit anak-anak lain dalam jarak dekat. Wah, bahaya banget ya, bun. Penyakit gondongan umumnya menyerang pada bagian rahang, telinga si anak.

 penyakit gondongan pada anak, tips mengatasi gondongan

Sumber foto: instinctiveparenting

Kenali gejala penyakit gondongan pada anak, bun.

  • Demam sangat tinggi selama satu sampai dua hari.
  • Timbul rasa nyeri pada bagian kepala atau bisa juga mengalami sakit kepala
  • Terasa sakit saat membuka rahang dan gigi nyeri
  • Pembengkakan dibagian bawah telinga

Lalu, apa tips mengobati gondongan? Ada dua cara, pengobatan modern dan pengobatan alternatif. Tips mengobati gondongan yang paling utama adalah dengan tidak memberikan obat antibiotik. Berikan si anak suplemen tambahan agar daya tahan tubuhnya kembali meningkat dan stabil.

Kalau tips mengobati gondongan dengan cara pengobatan alternatif, menggunakan daun simbar menjangan yang dicuci, diberi garam dan air kemudian oleskan pada bagian yang sakit sebanyak dua kali sehari. Mengobati penyakit gondongan pada anak juga bisa dengan menumbuk beberapa helai dari daun belimbing wuluh yang dicampur dengan empat siung bawang merah. Setelah halus, oleskan pada bagian yang sakit selama beberapa puluh menit.

Sumber lengkap solusi kesehatan.

Dibaca 514 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page