Sebagian wanita mendadak banyak makan saat hamil karena lapar yang terus menerus mendera. Apalagi yang sering menjadi pembenaran adalah alasan makan untuk dua orang yaitu ibu bersama bayi yang dikandungnya. Apakah memang saat lapar, ibu hamil harus benar-benar mengkonsumsi makanan ibu hamil dengan porsi banyak?

Kenapa ibu hamil sering lapar?

sering lapar saat hamil tetaplah makan secara wajar

Bunda umumnya mulai merasakan gampang lapar setelah periode morning sickness-nya telah usai terutama di trisemester kedua. Cukup sederhana karena janin yang dikandung sedang mengalami pertumbuhan yang cepat dari sebelumnya. Hal inilah yang menuntut lebih banyak makanan yang dikirim melalui tanda timbulnya rasa lapar pada bunda saat hamil. Saat lapar mulai datang bunda sebaiknya mengkonsumsi makanan ibu hamil dengan nutrisi tinggi. Bunda bisa makan buah diantara waktu makan.

Tidak perlu makan dengan porsi lebih, karena janin dalam kandungan jga tidak makan sebanyak itu nanti malah bunda sendir yang kerepotan kalau tubuh tiba-tiba membengkak. Tubuh gemuk saat hamil kadang susah diturunkan setelah melahirkan lho bun, porsi yang tepat itu bunda hanya perlu 300 kalori ekstra per hari saat sedang hamil. Kalori ekstra ini jumlahnya lebih sedikit dari trimester pertama, ya jadi tidak perlu makan secara berlebihan ya bun.

Menyiasati agar tidak makan dengan porsi lebih, bunda sebaiknya mengkonsumsi makan ibu hamil dalam beberapa porsi kecil yang bisa dimakan beberapa kali. Sudah tentu makanan yang ibu hamil siapkan yang kaya nutrisi ya. Siapkan juga makanan ibu hamil kaya nutrisi di kulkas agar saat bunda tiba-tiba lapar di malam hari bisa langsung menyantapnya.

Siapkan makanan sehat untuk ibu hamil saat bepergian seperti kacang-kacangan, kismis, dan granola bar. Hamil bukan alasan untuk makan dengan porsi semaunya tetapi sesuaikan dengan porsi makan yang dibutuhkan janin. Sebab jika bunda makan terlalu banyak dapat menyebabkan sesak karena ruang janin saat hamil lebih besar dari ruang perut.

Mulai sekarang disiplinkan diri untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Silakan berkomentar atau sekedar berbagi cerita bunda seputar kehamilan ya bun.

Dibaca 6888 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page