Saat sedang asyik bermain tiba-tiba kaki si bungsu terkilir. Kasihan melihatnya menangis karena menahan sakit. Jika hal ini juga terjadi pada anak bunda tidak perlu khawatir asalkan ditangani dengan cara yang tepat.

Saat Anak Sedang Asyik Main Tiba-tiba Kakinya Terkilir Bagaimana Mengatasinya

Pakaikan pelindung

Saat si kecil terkilir, saya langsung membalurkan minyak telon konicare agar otot-otot kakinya rileks dan rasa sakitnya berkurang kemudian saya kompres dengan air hangat. Setelah itu saya pakaikan pelindung atau protector agar kakinya tidak bergerak saat sedang dikompres. Bunda bisa memakaikan perban elastis selama 24 sampai 36 jam pertama setelah terkilir. Jika kaki terasa kesemutan, kedinginan, atau rasa nyerinya bertmabha bisa longgarkan sedikit perbannya.

Istirahatkan kaki

Istirahatkan kaki si kecil sampai tidak terasa sakit saat berjalan.

Kompres dengan es

Pada 48 jam sampai 72 jam atau sampai bengkaknya hilang, kompres kakinya dengan es selama 10 sampai 20 menit setiap satu jam. Setelah 48 jam, bunda bisa menggantinya dengan kompres air untuk mempercepat proses penyembuhan.

Letakkan kaki pada tempat yang tinggi dari tubuhnya

Angkat kaki si kecil sehingga tinggi kakinya lebih tinggi dari pada jantungnya selama 2 -3 jam dalam sehari. Hal ini berguna untuk mengurangi bengkak dan memar.

Kini bunda sudah dapat melakukan perawatan yang tepat saat kaki si kecil tiba-tiba terkilir saat sedang asyik bermain. Semoga keluarga bunda selalu sehat ya.

Dibaca 554 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page