Binatang-binatang piaraan yang lucu itu bukan tidak mungkin dapat mencuri hati si kecil sehingga keberadaannya memperoleh tempat tersendiri di hatinya. Binatang piaraan dapat memberikan kesenangan yang tak habis-habisnya bagi si kecil, dan sebaliknya, si binatang pun senang dipelihara. Apalagi, bila ia memperoleh limpahan perhatian dan kasih sayang. Lewat keinginan anak untuk memelihara binatang, dengan bimbingan Bunda tentunya, anak sekaligus dapat diajarkan bagaimana cara bertanggung jawab, mematuhi komitmen, dan menumbuhkan sikap pengasuhan.

Saat Bunda memutuskan untuk membelikan hewan peliharaan untuk Si Kecil, Pastikan Bunda tidak melewatkan hal-hal penting di bawah ini :

1. Pilih binatang yang tepat

 Bila Anda sudah memutuskan mengijinkan anak memelihara anjing atau kucing, pilihlah jenis yang dikenal jinak dan bisa dekat dengan anak-anak.

2. Kenyamanan anak dan binatang piaraannya

Dalam memilih binatang piaraan, pertimbangkan pula apakah kondisi rumah ya Bunda. Apakah cukup ruangan cukup untuk menampung binatang dan si kecil  yang sama-sama suka bergerak? Banyak binatang, karena biasanya anjing dan kucing, membutuhkan ruang bermain.

 3. Tentukan aturan main

 Bila anak menyatakan siap dan sanggup memelihara binatang dan menurut Bundapun demikian, lakukan pembahasan dengan si kecil untuk melakukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap binatang peliharaannya.

 4. Bimbing anak untuk berlaku manis pada binatang piaraannya

 Jika binatang piaraan sedang tidur atau makan, jangan biarkan si kecil menggangunya. Katakan pada si kecil, seperti juga dirinya, binatang ingin tidur dengan nyaman dan makan dengan tenang.

 5. Awasi dengan ketat

 Awalnya anak-anak perlu dilatih untuk terbiasa dengan binatang. Meski menyayangi, kadang-kadang tingkah anak bisa membahayakan binatang dan diri anak itu sendiri. Jadi Bunda jangan lalai dan tidak mengawasi si kecil dan hewan peliharaannya yah.

Dibaca 459 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page