Saat mendekati waktu persalinan, bunda harus mempersiapkan perlengkapan untuk perawatan bayi agar tidak bingung nanti saat bayi bunda lahir. Sebenarnya perlengkapan yang harus bunda siapkan bukan hanya itu tapi juga harus disiapkan perlengkapan tidur bayi, baju bayi, dan perlengkapan untuk bunda setelah melahirkan. Namun, pasti bunda merasa perawatan untuk bayi lebih penting karena bayi yang baru lahir membutuhkan perawatan yang ekstra. Bunda tidak usah bingung karena perlengkapan ini sangat mudah didapatkan.

Bunda pastinya bahagia jika bayinya lahir dengan sehat dan lancar. Perawatan bayi menjadi sesuatu yang mutlak harus dilakukan oleh bunda untuk menjadikan bayinya tetap bersih dan sehat. Bayi yang baru lahir sangat sensitif semua bagian tubuhnya. Bunda harus menyiapkan selimut dan baju hangat karena bayi yang baru lahir rentan kedinginan.

perawatan bayi

Ini dikarenakan suhu dalam kandungan bunda sekitar 37 derajat Celcius dan suhu diluar kandungan dapat mencapai 27 derajat Celcius. Jika bayi Anda sensitif pada kulit, jangan sembarangan memberikan obat kulit. Bunda lebih baik mengkonsultasikan dengan dokter mengenai obat kulit yang cocok untuk bayi.

Yang paling penting bun, adalah memberikan kenyamanan pada tubuh bayi karena kenyamanan ini akan membuat bayi lebih tenang dan tidak rewel. Perlengkapan perawatan bayi yang diperlukan adalah minyak telon, cottonbud, kapas, kain kasa, sedotan ingus dan tisu basah. Minyak telon menjadi barang yang wajib dalam perawatan bayi.

perawatan bayi

Apabila bayinya bunda rewel mungkin karena kedinginan atau kembung. Bunda dapat mengoleskan minyak telon pada dada, perut dan punggung bayi untuk menghangatkan tubuhnya. Minyak telon juga dapat menghilangkan bercak gigitan nyamuk dan rasa gatalnya.

Perlengkapan lainnya seperti cottonbud, kapas, kain kasa, sedotan ingus dan tisu basah diperlukan untuk menjaga kebersihan dari bayinya bunda. Cottonbud untuk membersihkan telinga, kapas untuk membersihkan kotoran bayi setelah pipis atau pup, kain kasa untuk membalut pusar yang telah puput atau jatuh. Sedotan ingus dan tisu basah jangan lupa dibeli juga bun untuk perawatan bayi.

 

Dibaca 1920 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page