Bayi baru lahir memiliki kekebalan tubuh yang belum kuat dan sangat mudah terserang penyakit. Di samping itu, organ tubuh bayi belum berkembang secara sempurna. Jadi perlu penanganan khusus bagaimana merawat bayi baru lahir dengan baik agar juga tidak melukai bayi tersebut. Kendala terbesar bagi bayi baru lahir adalah mereka tidak bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Bayi baru lahir hanya mengungkapkan sesuatu dengan tangisan. Tangisan itu menjadi satu-satunya pertanda bayi merasakan sesuatu. Untuk menjaga bayi baru lahir agar tetap sehat, perlu perawatan yang benar dan tepat.

Trik Merawat Bayi Baru Lahir dengan Benar

Bayi baru lahir biasanya sering menangis disebabkan oleh rasa lapar yang mendera. Karena asupan makanannya hanya berasal dari ASI, sang ibu harus tanggap memberikan asupan ASI ketika dia menangis. Meskipun tidak menangis, berikan ASI setiap hari sesering mungkin agar bayi dapat beradaptasi dengan system pencernaannya. Bayi baru lahir sering lapar karena itu merupakan pengalaman baru baginya. Ketika di dalam perut sang ibu, bayi tidak pernah merasa lapar karena terus menerima asupan gizi dari plasenta.

bayi baru lahir
diambil dari: gambardanfoto.com

Tangisan bayi setelah beberapa hari kemudian terjadi karena dia pipis atau BAB. Popok yang basah membuatnya tidak nyaman sehingga dia menangis. Karena bayi baru lahir, waktu buang air itu tidak teratur dan kadang sangat sering. Jika hal itu terjadi janganlah khawatir karena itu menandakan sistem pencernaannya berjalan dengan baik. Cairan yang keluar dari seorang bayi juga bisa menjadi indikasi keadaan seorang bayi. Bayi baru lahir yang mendapatkan cukup asupan ASI biasanya fesesnya tidak terlalu bau dan lebih lunak. Ketika bayi selesai pipis dan BAB, bersihkan bokong dan alat kelaminnya dengan bedak atau cairan lainnya. Bedak tersebut berfungsi sebagai penghindar dari ruam yang akan membuatnya tidak nyaman.

Pakaian bayi baru lahir harus terbuat dari bahan katun. Bahan katun tersebut akan melindungi kulit bayi dari gesekan. Kulit bayi baru lahir sangatlah tipis dan sangat rentan tergores karena benda tajam sekecil apapun. Pastikan juga dia merasa nyaman dan tidak kedinginan. Biasanya ketika bayi baru lahir, langsung dibedong agar dia merasa hangat. Namun ketika membedongnya pastikan posisi bayi nyaman. Dengan memberikan perawatan yang benar, keadaan bayi baru lahir dapat dikontrol dengan baik dan menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dibaca 458 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page