Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan zat gizi yang turut membantu kebutuhan tubuh ibu dan janin. Semakin lama usia kehamilan maka kebutuhan asupan pada masa kehamilan juga semakin besar.

Nutrisi yang dibutuhkan saat trimester kedua

Nutrisi Apa Sih yang Paling Dibutuhkan Ibu Hamil pada Trimester Kedua

Pada masa kehamilan trimester kedua, tubuh bunda paling banyak membutuhkan kalsium untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Bagi ibu hamil sendiri asupan kalsium dibutuhkan untuk mencegah terjadinya resiko osteoporosis.

Janin akan mengambil sumber kalsium dari tubuh bunda untuk itulah alasan mengapa nutrisi kalsium sangat dibutuhkan. Sumber nutrisi kalsium bisa didapat dari produk susu ibu hamil. Asam folat yang berfungsi membantu perkembangan sel darah serta sistem saraf juga dianjurkan untuk dipenuhi. Kebutuhan asam folat selama hamil sekurang-kurangnya 800 mcg asam folam per hari.

Asam folat banyak terdapat didalam sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, bayam, dan kembang kol. Vitamin B kompleks juga bermanfaat membantu kinerja jantung, sistem saraf, dan otot. Vitamin B kompleks bersumber dari biji-bijian, gandum, kacang hijau, telur, serta produk olahan susu.

Kini bunda sudah tahu mengenai apa saja nutrisi yang dibutuhkan pada masa kehamilan trimester kedua? Semoga postingan saya bisa bermanfaat bagi bunda yang saat ini sedang menjalani masa-masa bahagia kehamilan.

Sumber: bundaibu

Dibaca 702 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page