Bunda mungkin masih kurang familiar dengan istilah Allergic March (AM) yang merupakan perjalanan alamiah penyakit alergi. AM menggambarkan perkembangan penyakit alergi diusian anak yang masih dini. Banyak effect buruk yang diakibatkan oleh serangan alergi pada anak termasuk penyakit asma. Penyebab terjadinya alergipun bermacam-macam bentuknya ya Bunda. Kali ini CCB akan membahas tentang alergi pada anak yang disebabkan oleh susu sapi.

Alergi memang bisa datang dari mana saja. Termasuk juga dari asupan makanan dan susu yang dikonsumsi sang anak. Susu sapi merupakan salah satu jenis sumber protein yang sering menimbulkan reaksi alergi pada anak. Ini disebabkan oleh protein susu sapi yang merupakan rantai protein kompleks dan asing pertama yang masuk ke dalam tubuh dan dikenal oleh bayi.

Protein kasein dan whey yang ada didalamnya inilah yang dapat memicu si kecil mengalami alergi protein susu sapi. Kasus alergi susu sapi ini pun tak bisa dianggap remkeh lho Bunda mengingat Diagnosa dan tata laksana alergi susu sapi yang dikeluarkan oleh ikatan dokter anak Indonesia pada tahun 2012 menyatakan bahwa alergi protein susu sapi ditemukan pada 1 dari 13 kasus.

Jadi jika si buah hati menag tidak bisa mengkonsumsi susu sapi sebaniknya bunda menggantinya dengan susu kedelai saja. Atau Bunda bisa lebih intens memberikannya ASI yang memang sangat baik bagi pertumbuhannya.

Dibaca 555 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page