Apakah saat masa kehamilan bunda rutin melakukan senam hamil? Jika iya maka langkah yang bunda lakukan sudah tepat. Senam hamil memiliki banyak manfaat lho bun. Salah satunya dapat memperkecil peluang melahirkan secara caesar.

Kok senam hamil bisa mencegah kelahiran caesar?

Mencegah Persalinan Caesar dengan Senam Hamil

Business-standart.com melansir bahwa para ahli mengemukakan, ibu hamil yang rutin melakukan senam hamil memiliki kemungkinan kecil resiko melahirkan caesar. Sedangkan ibu hamil yang rutin berjalan tiga kali seminggu bisa menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan berlebih.

Tidak hanya itu, senam hamil juga bermanfaat membantu menurunkan resiko diabetes pada ibu hamil. Penelitian tersebut mengamati 510 ibu hamil aktif dan diberi waktu 55 menit untuk melakukan aerobik per sesinya, latihan kekuatan otot, dan latihan kelenturan tubuh tiga kali seminggu selama 6 bulan terakhir kehamilan, dan lainnya hanya melakukan perawatan biasa.

Setelah 6 bulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang melakukan senam hamil bisa menurunkan resiko melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4 kg sebanyak 58% sedangkan ibu hamil yang awalnya melahirkan caesar, resikonya turun hingga 34%. Saat bayi lahir melalui caesar, menurut penelitian lain menyebutkan bayi tidak mendapatkan bakteri baik yang menjaga tubuhnya sebagai sitem imun untuk mencegah infeksi dan penyakit asma.

Semoga bermanfaat ya bun.

Dibaca 579 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page