Sebagian bunda yang sedang hamil mengkhawatirkan bentuk tubuh yang berubah terutama kendurnya payudara setelah nanti menjalani proses persalinan. Mereka yang khawatir umumnya lebih memilih untuk tidak menyusui secara langsung tapi menggunakan breast pump. anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena menyusui tidak akan membuat payudara menjadi tidak menarik. Kalau pun kendur sebenarnya hal ini bisa dicegah sedini mungkin. Cara mencegahnya bisa dilakukan dengan pijat payudara yang membantu payudara tetap kencang.

Manfaat lain Pijat Payudara Bagi Ibu Hamil

Mencegah strecth mark

Berat badan yang bertambah bisa membuat strech mark pada payudara. saat hamil payudara bunda akan cepat sekali membesar. Karena itulah dibutuhkan pijat payudara agar bekas stretch mark di payudara bisa hilang.

Meredakan rasa nyeri

Pasca persalinan payudara akan terasa nyeri dan sakit terutama jika ASI yang keluar hanya sedikit, payudara bisa membengkak. Pijat payudara selama masa kehamilan bisa membuat nyeri payudara berkurang setelah nanti masuk masa menyusui.

Membesarkan puting

Puting umumnya akan membesar secara alami selama masa kehamilan namun ada sebagian wanita yang mengalami putingnya tidak membesar yang bisa menyulitkan keluarnya ASI. Pijat payudara selama masa kehamilan bisa membuat puting membesar untuk mempersiapkan masa menyusui.

Meredakan gatal

Payudara yang membesar selama masa kehamilan bisa membuat payudara terasa gatal. kulit menjadi kemerahan dan sensitif. Pijat payudara bisa mengatasi hal ini dan membuat bunda tetap merasa nyaman.

Cara melakukan pijat payudara yang benar

Pijat payudara pada masa kehamilan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan bun, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar bunda bisa melakukan pijat payudara dengan benar.

  1. Sebaiknya bunda mengoleskan minyak zaitun sebelum memijatnya dan lakukan gerakan pijat payudara memutar secara perlahan.
  2. Lakukan gerakan memutar dengan gerakan mengangkat ke atar bukan ke bawah agar payudara lebih naik dan kencang.
  3. Pijat payudara secara perlahan-lahan ya bun. karena jika memijatnya terlalu kasar dikhawatirkan bisa merobek sel-sel halus didalamnya.

Selamat mencoba pijat payudara secara tepat dan rasakan manfaatnya ya bun.

Dibaca 611 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page