Gaya Hidup

Pilihan memberikan Air Susu Ibu atau ASI secara ekslusif kepada bayi, saat ini selain kewajiban juga merupakan gaya hidup tersendiri bagi para ibu terutama pemula dan juga termasuk gizi ibu menyusi. Alasan karir, tidak lagi menjadi penghalang bagi mereka yang ingin memberikan ASInya. Kantor-kantor pun saat ini sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk para wanita karir yang dalam masa pemberia ASI ekslusifnya. Bahkan ada peraturan yang mewajibkan setiap kantor ini untuk memberikan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan para ibu. Jadi, dengan adanya fasilitas ini, mereka hanya perlu berkonsentrasi selanjutnya dalam pemenuhan gizi ibu menyusui saja.

gizi ibu menyusui
gambar: wolipop detik

Enak dan Aman

Gizi ibu menyusui ditentukan oleh asupan yang masuk. Hal ini tentu saja akan berpengaruh kepada bayi yang meminum ASInya. Tapi apakah makanan pedas juga termasuk aman dalam hal pemenuhan gizi ibu menyusui?
Makanan pedas memang tidak bisa dihindari oleh kaum wanita. Di masa kehamilan bahkan makanan pedas dan asam adalah dua jenis rasa makanan yang menjadi bahan ngidam para calon ibu. Saat sudah melahirkan, para ibu biasnya akan menjaga betul makanan yang mereka makan sebagai usaha pemenuhan gizi ibu menyusui agar tidak berdampak buruk pada bayi. Dampak yang paling dihindari dari memakan makanan pedas adalah buruknya pencernaan si bayi. Ada pula yang mengatakan, dengan mengkonsumsi makanan pedas akan membuat rasa ASI ini pedas juga. Padahal, ternyata belum ada bukti secara ilmiah yang menunjukan bahwa dengan makanan pedas yang dikonsumsi ibu menyusui ini menyebabkan ASInya menjadi pedas juga. Bayi juga tidak akan diare karena hal ini, karena diare yang dialami bayi biasanya terjdi akibat infeksi yang menyerang saluran pencernaannya atau bisa juga karena alergi.

Adapun alasan yang tepat untuk kenapa lebih baik tidak makan pedas saat menyusui, yaitu agar ibu tidak mengalami diare yang akhirnya menyebabkan ibu kekurangan cairan tubuh dan produksi ASI ibu menurun yang berdampak pada gizi ibu menyusui.

Sekarang, para ibu muda yang selama masa sebelum kehamilan sampai melahirkannya penggila pedas tidak perlu takut lagi untuk menikmati santapan pedas. Tetapi, tetap harus membatasi jumlahnya.

Dibaca 562 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page