Melahirkan normal menjadi sebuah proses yang paling diidamkan oleh para calon ibu yang sedang menjalani proses persalinan. Melahirkan normal menjadi sebuah tanda bahwa wanita telah menjadi seorang ibu seutuhnya karena telah merasakan bagaimanan perjuangan berat yang harus dilalui saat melewati proses melahirkan normal. Selain melahirkan normal yang juga menjadi rekomendasi para dokter kandungan dan dunia medis.

Namun, perasaan takut dan khawatir sudah pasti menyelimuti perasaan para calon ibu menjelang proses persalinan. Hal itu wajar terjadi karena melahirkan normal adalah proses melahirkan alami yang luar biasa. Segala upaya, tenaga dan mental calon ibu dikerahkan saat menghadapi proses melahirkan normal yang tak bisa dipungkiri bahwa rasa sakit yang luar biasa selalu ada di setiap melahirkan normal. Hal itu sudah menjadi cerita seram mengenai sakitnya melahirkan normal.

Melahirkan Normal

Kiat melahirkan normal

Guna membantu para ibu hamil melewati proses melahirkan normal dengan mengurangi rasa sakit, ada beberapa kiat-kiat yang bisa digunakan menjelang proses persalinan nanti.

Ketahui proses persalinan dan teknik melahirkan yang benar

Dengan mengetahui terlebih dahulu proses persalinan yang harus dilalui, calon ibu akan siap dalam menjalani proses melahirkan normal. Menggunakan stimulasi tentu bisa membantu calon ibu melewati proses melahirkan dengan cepat. Mengenali tahap melahirkan satu persatu dan mempelajari stimulasi, salah satunya adalah stimulasi putting ibu.

Gunakan teknik pernapasan yang benar

Selama proses melahirkan normal berlangsung, tentu dibutuhkan tenaga yang besar. Jika tidak mengatur tenaga tersebut, maka proses melahirkan normal akan menjadi lama dan makin menyiksa calon ibu. Untuk mencegah hal itu terjadi, dibutuhkan teknik pernapasan yang benar guna mengatur energi atau tenaga. Selain itu, hal ini bisa membantu mengatur pasokan oksigen, membuat rileksasi dan sangat membantu dalam proses mendorong dan mengejan terhadap kontraksi yang berlangsung.

Lakukan jalan kecil

Saat kontraski masih dalam tahap akhir, yaitu terjadinya kontraksi hebat, calon ibu masih memiliki waktu untuk melakukan jalan-jalan kecil di sekitar ruang persalinan. Hal ini membantu mempercepat dan memperlancar proses melahirkan normal.

Rileks menghadapi persalinan

Otot kaku menjelang proses melahirkan normal akan membuat setiap tahap menjadi menyakitkan karena akan terjadi peregangan otot yang hebat saat proses ini berlangsung. Oleh karena itu, cobalah untuk rileks karena hal ini membuat otot-otot menjadi luwes. Pikirkan hal yang positif, seperti bahagianya melihat wajah sang bayi saat nanti lahir ke dunia dan suara tangisannya.

Dibaca 1371 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page