Masa subur merupakan suatu siklus yang dialami oleh wanita di saat usia ovumnya sudah matang dan sudah siap untuk dibuahi. Jika tiba masa suburnya kesempatan untuk hamil sangat besar. Bagi wanita terutama bagi bunda yang menginginkan untuk segera mendapatkan momongan, perlu diperhatikan bahwa masa hidup ovum hanya selama 12 sampai 24 jam saja dalam sebulan. Jadi pastikan bunda menghitung masa subur bunda dengan tepat dan akurat.

Untuk mengetahui masa subur bunda, bunda bisa memperolehnya dengan beberapa cara. Sekarang ini sudah banyak dijual alat untuk penguji masa kesuburan di supermarket maupun di toko obat. Ada beberapa cara yang praktis sebenarnya yang bisa bunda lakukan untuk mengetahui kapan masa subur bunda. Caranya adalah dengan mengggunakan metode hitung kalender. masa subur

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui masa subur selain menggunakan metode kalender ini dan dengan menggunakan alat penguji masa subur. Yaitu dengan mengukur suhu tubuh bunda sudah bisa mengetahui masa subur bunda. Tetapi kali ini akan dibahas dengan menggunakan metode hitung kalender.

Metode kalender ini digunakan untuk wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Caranya adalah catat terlebih dahulu data haid bunda selama kurun waktu 6-12 bulan terakhir. Lalu kurangi 18 hari dari siklus haid yang tersingkat untuk mengetahui awal dari masa suburnya.  Setelah kurangi 18 hari lagi dari siklus haid yang terpanjang untuk mengetahui ahir dari masa subur.

masa subur

Misalnya siklus haid bunda selama 6-12 bulan terakhir ini yang terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendeknya adalah 26 hari. Sehingga bisa kita tulis 31-11 = 20, 26-18=8. Dari perhitungan tersebut kita bisa melihat masa subur bunda  yaitu pada hari ke 8 hingga hari ke 20. Kalau siklusnya teratur, maka masa subur akan terjadi pada 14+/-1 hari pada haid berikutnya.

Artinya adalah masa subur terjadi di hari ke 13 hingga hari ke 15 sebelum jatuh tanggal haid selanjutnya. Demikian informasi mengenai cara mengetahui masa subur. Semoga bermanfaat.

masa subur

Dibaca 526 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page