Anak-anak memang lumrah kalau memiliki rasa ingin tahu yang besar seperti suka jahil tapi tidak sedikit juga yang suka mengganggu atau membuat keributan dirumah. Ketika hal ini terjadi banyak orang tua yang sengaja menghukum anaknya di depan umum ketika si kecil membuat masalah yang cenderung mempermalukan si anak. Menurut penulis dan pendiri Happy Family yaitu dr Justin Coulson, cara seperti itu memang bisa membuat anak meminta maaf tetapi si anak tidak memahami bahwa yang mereka lakukan itu mengganggu orang lain. Hal tersebut dilansir juga oleh Essential Kids mengenai cara yang bisa dilakukan orang tua jika si anak suka bikin ribut.

Apa cara yang bisa dilakukan orang tua jika si anak suka bikin ribut?

cara mengatasi anak yang suka bikin ribut

Ajarkan disiplin dan bukan menghukum

Menggunakan kekerasan dengan maksud medisiplinkan anak tidaklah efektif, lebih baik ajarkan anak tentang nilai-nilai apa yang membuat perilaku mengganggu itu salah. Jika anak melakukan kekerasan pada temannya bisa diajarkan tentang nilai kasih sayang sesama manusia. Karena jika menghukum justru akan merusak kepercayaan dan hubungan anak dengan orang tua.

Menjadi model bagi anak

Ketika mengetahui anak berbuat ribut janganlah langsung marah dan menyakitinya baik dengan kata-kata ataupun tindakan. Bunda bisa mengajak anak duduk berdua lalu ajak bicara mengapa si anak bisa sampai berbuat demikian.

Mendorong empati

Ajaklah anak berempati tentang apa yang dirasakan orang lain jika diganggu. Dengan cara ini kita mengajak anak berempati.

Minta bantuan

Meminta bantuan seperti keluarga, pihak sekolah, atau pihak korban untuk menghabiskan waktu dengan pihak yang diganggu. Menurut riset jika melakukan hal itu maka kita bisa merasakan apa yang bisa mereka rasakan dan akan lebih mudah berhenti untuk mengganggunya.

Terus mencoba

Orang tua menjadi sosok yang paling berpengaruh saat anak masih suka mengganggu orang lain, oleh karena itu orang tua tidak boleh mudah menyerah dalam mencoba atau mencari bantuan. Ada waktunya anak membutuhkan kasih sayang orang tua, nah disaat itulah rasa cinta dan kasih sayang orang tua paling dibutuhkan bahkan sangat berharga bagi mereka.

Sering berbuat ribut bisa jadi karena anak terlalu hiperaktif sehingga sulit dikendalikan. Selamat mencoba bunda, silakan beri komentar untuk saling berbagi cerita menarik seputar anak.

Dibaca 921 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page