Balita Cegukan

Cegukan tidak hanya dialami oleh orang dewasa, balita yang masih belia pun bisa mengalaminya. Biasanya penyebab utama balita cegukan adalah karena menelan makan dengan buru-buru atau banyaknya makanan yang masuk ke mulut, sehingga kerongkongan full dan harus bekerja keras untuk memprosesnya.

Meskipun cegukan pada balita bukan permasalahan serius, namun tetap harus segara di atasi agar si kecil dapat makan dengan enak dan lahap. Berikut cara jitu menangani balita cegukan.

Berikan air putih

Berikanlah segelah air putih ke si kecil. Dalam sebuah riset yang ditemukan Children’s Mercy Hospital mengungkapkan bahwa balita harus segera diberikan minum ketika cegukan dengan perlahan agar kerongkongan yang mengalami kejang menjadi tenang.

Bernafas melalui mulut

Anda bisa ajak si kecil untuk bernafas melalui mulut. Tutuplah hidung buah hati Anda dan ajarkan untuk menghirup nafas lewat mulut, tahan sesaat hingga cegukan hilang. Sebuah penelitian yang dipaparkan Yale Medical Group Amerika, menjelaskan bahwa menahan nafas sesaat bisa meningkatkan karbon dioksida dan memberhentikan cegukan pada balita.

Gula

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Edgar Englemen menjelaskan bahwa gula pasir bisa menghentikan cegukan pada anak. Jika anak Anda tidak mau makan gula bisa diganti dengan sirup jagung. Namun, alangkah baiknya Anda jangan terlalu sering melakukan hal ini, karena manisnya gula bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi sang buah hati.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika si kecil mengalami cegukan. Lakukanlah salah satu cara diatas, agar ia pun dapat makan dengan nikmat. Semoga bermanfaat.

Balita Cegukan

Dibaca 390 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page