Jika bunda saat ini sedang hamil tua dan sedang menanti detik-detik kelahiran si buah hati, bunda perlu memperhatikan berbagai macam persiapan persalinan. Namun, bunda tenang saja, bunda hanya perlu menyiapkan mental untuk menunggu suara pecahnya buah hati di dunia, masalah barang-barang yang harus dipersiapkan, bunda cukup mempercayakannya kepada sang suami tercinta, biar dia yang mengurusnya. Meskipun begitu, bunda juga perlu tahu kan apa saja yang harus dipersiapkan menjelang persalinan?

Ada beberapa hal persiapan persalinan yang sangat penting untuk diperhatikan, diantaranya adalah, membersihkan diri, hindari kepanikan dan ketakutan, persiapan kebutuhan untuk persalinan, pemilihan metode persalinan, tempat melahirkan, tenaga medis penolong persalinan, banyak berdiskusi dengan pasangan, pahami tanda-tanda siap melahirkan, dan persiapkan tes salin. Semua hal ini dilakukan untuk mengatasi kericuhan pada waktu bersalin yang pada umumnya terjadi pada kebanyakan orang.

Persiapan persalinan sejatinya akan berjalan lancar jika bunda dan suami serta dokter kandungan bunda sering berkomunikasi dengan baik tentang kandungan. Pemilihan metode persalinan harus disesuaikan dengan kebutuhan bunda dan kemampuan dokter.

Beberapa Persiapan Persalinan Sebelum Mendengar Tangis Pertama Sang Buah Hati

Bunda dan suami sangat dituntut untuk mempertimbangkan resiko yang kemungkinan akan terjadi. Di samping berkomunikasi dengan dokter dan pasangan, bunda sendiri perlu mempersiapkan mental yang kuat, menghindari segala macam bentuk ketakutan, yang perlu bunda ingat adalah kehadiran seorang malaikat kecil yang akan selalu menemani hari-hari bunda dan suami. Malaikat kecil itu akan datang sebagai obat dari rasa sakit bunda ketika melahirkan, oleh karenanya bunda tidak perlu takut, cemas, dan tegang karena semua akan indah pada waktunya.

Selain itu, bunda juga disarankan untuk terus menjaga kebersihan apalagi ketika menyadari bahwa waktu persalinan semakin dekat. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi kemungkinan adanya kuman yang masuk selama persalinan yang kemudian akan menghindarkan bunda kepada infeksi setelah melahirkan, juga agar ketika proses persalinan berlangsung ibu merasa nyaman dengan tubuhnya.

Beberapa Persiapan Persalinan Sebelum Mendengar Tangis Pertama Sang Buah Hati

Bunda perlu ingat, bahwa persiapan persalinan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Lebih dari itu persalinan bukanlah hal yang mengerikan, justru hal tersebut merupakan kebahagiaan yang teramat ketika bunda bisa melihat buah hati bunda telah lahir ke dunia, ketika bunda mendengar tangis pertamanya pecah di ruang bersalin. Semua sakit yang bunda rasakan, percayalah akan hilang saat bunda mendengar tangisannya. Oleh karenanya, tetaplah tenang dan berbahagia, selamat menjadi bunda yang sempurna.

Dibaca 721 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page