Seperti pembahasan sebelumnya tentang pengenalan terhadap alergi pada anak akibat susu sapi.  Tidak dapat dipandang remeh, alergi juga dapat mengakibatkan hal buruk terjadi pada buah hati Bunda, terlebih pada tumbuh kembangnya. Anak yang mengalami alergi makanan dapat mengalami gangguan tumbuh kembang akibat menghindari berbagai macam makanan yang belum tentu terbukti sebagai sebabnya.

Gangguan tumbuh kembang juga bisa terjadi karena terlalu banyak menghindari makanan yang menyebabkan alergi tanpa menggantinya dengan makanan lain yang memiliki gizi yang sama. Untuk mengetahui makanan penyebab alergi sebaiknya Bunda membawa sang buah hati untuk berkonsultasi dengan dokter gizi anak. Dari situ akan tahu penyebab mengapa timbul alergi pada anak.

Tidak hanya mengganggu perkembangan buah hati, ternyata alergi juga dapat membuat daya tahan tubuh anak menurun sehingga mudah terserang infeksi. Untuk menghindarinya sebaiknya Bunda dengan rutin membawanya ke puskesmas untuk mengetahui apakah perkembangan si kecil tumbuh dengan baik atau terjadi kelainan akibat alergi tersebut. Jangan panik terlebih dahulu ya bunda, memang menbahayakan tetapi dengan penanganan yang tepat si kecil tetap akan tumbuh dengan sebaik-baiknya karena nutrisi dan gizi yang terpenuhi.

Dibaca 546 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page