Cuaca udara yang tak menentu ditambah pekerjaan bunda yang menumpuk baik dirumah maupun dalam dunia profesional sebagai wanita karir. Tanpa disadari kondisi tubuh pun menjadi tidak prima dan jadi mudah sakit. Tiba-tiba saja tubuh mendadak demam atau flu seperti yang akhir-akhir ini sering saya alami. Demam dan flu bisa datang dari mana saja seperti kualitas udara yang buruk, atau tertular orang-orang di sekitar kita.

Meski agak sepele namun kalau jadi sering sakit semua aktivitas terganggu. Saya kapok menyepelekan flu dan demam bun karena penyakit tersebut jadi sering sakit, bahkan dalam satu bulan bisa sampai tiga kali sakit. Kerjaan di kantor jadi terbengkalai begitu pun pekerjaan dirumah.

Akhir-akhir Ini Bunda Sering Mudah Sakit-Yuk Cari Tahu Sebabnya

Sebaiknya kita tidak boleh menyepelekan penyakit, sekecil apapun harus dicari penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Umumnya tubuh akan mudah terserang penyakit karena beberapa hal berikut:

Kurang tidur

Jika sering terserang flu dan demam, itu bisa terjadi karena kurangnya porsi tidur yang cukup. Kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan hormon kortisol atau hormon stress yang dapat mengurangi sistem kekebalan pada tubuh bunda. Tidur kurang berkualitas ditambah bagi bunda yang bekerja di dunia profesional pada siang hari dengan tingkat stres tinggi menyebabkan antibodi tubuh perlahan berkurang.

Makanan yang tidak sehat

Makan dan minum sembarangan tanpa mengetahui kadar gizinya dapat menyebabkan antibodi tubuh melemah. Tanpa disadari, ternyata makanan yang mengandung terlalu banyak gula, garam, dan MSG dapat membuat antibodi dalam tubuh melemah lho bun.

Lebih baik bunda menambah porsi buah dan sayur untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu mengkonsumsi saripati ayam setiap hari juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih sehat sekaligus menambah daya ingat. Saripati ayam telah diteliti oleh para peneliti dari The Hongkong Polytechnic University. Yan Chun Man, ketua tim peneliti, mengatakan bahwa saripati ayam sering kali digunakan oleh masyarakat China sebagai obat. Ditemukan adanya hubungan antara saripati ayam dengan sistem kekebalan tubuh oleh para peneliti ini (hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal kesehatan polyu.edu.hk).

Disebutkan juga dalam penelitian tersebut bahwa orang yang rajin mengkonsumsi saripati ayam memiliki sistem imunitas dan daya ingat yang lebih baik. Sederhananya, saripati ayam dapat memproteksi tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Bagi bunda yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan juga tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi saripati ayam. Pasalnya, saripati ayam diolah secara alami dan mampu memenuhi semua kebutuhan tubuh akan nutrisi saat masa kehamilan.

Yuk, bun mulai saat ini memperbaiki pola tidur dan juga pola makan sehat kita dan juga keluarga. Semoga bermanfaat ya bun.

Dibaca 1785 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page