Sebelum bunda mengajak anak untuk berhenti ngompol, ketahui dulu apa sebabnya anak ngompol. Jangan sampai bunda menghukumnya hanya dengan berpikir akibatnya saja seperti seprei basah, kasur basah, belum lagi cucian baju kotor jadi bertambah. Pikirkan juga penyebabnya.

anak ngompol

Apa sebab anak ngompol?

Banyak minum sebelum tidur. Bisa juga karena otot kandung kemih kurang kuat jadi si kecil gak bisa menahan lajur air kencing yang keluar ketika sedang tidur.

Apa solusi agar anak berhenti ngompol?

  • Sederhana saja, biasakan dia pipis atau istilahnya toilet training sebelum tidur. Awalnya bunda yang akan mengajak, lama kelamaan si kecil terbiasa dengan toilet training dan justru malah mengajak bunda.

  • Setelah usia 18 bulan, biasakan untuk tidak minum susu sebelum tidur.
  • Bisa juga dengan membangunkannya tengah malam, bun. Mungkin dimalam hari sebenarnya si kecil ingin pipis tapi karena sangat ngantuk jadi tanpa disadari menahan pipis. Nah, ketika pipis ditahan, itulah sebab anak jadi ngompol dipagi harinya.

Mau mulai kapan, bun?

Oh iya, weekend besok, yuk, ajak si kecil berenang.

Sumber artikel seputar dunia anak.

Dibaca 487 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page