Ketika ciri-ciri kehamilan mulai nampak, saat berkonsultasi ke dokter bunda sudah dinyatakan positif hamil maka bunda akan menjalani masa kehamilan dengan segala perubahannya. Perubahan tersebut biasa terjadi pada tubuh bunda yang berbeda dari sebelum masa kehamilan. begitupun dengan masalah kesehatan yang akan bunda alami selama masa kehamilan.

Apa saja keluhan kesehatan selama masa kehamilan?

11 Keluhan Kesehatan Selama Masa Kehamilan

Sakit punggung

Pada masa kehamilan tubuh harus menopang perut yang semakin membesar. Hal ini membuat persendian di punggung bawah dan panggul akan terasa sakit jika kondisi bunda terlalu lelah.

Mual dan muntah

Ciri-ciri kehamilan pada trimester pertama (3 bulan pertama) umumnya ibu hamil mengalami morning sickness, muntah , dan psikologis yang berubah-ubah. Keluhan ini biasa terjadi pada trimester pertama atau bisa hingga trimester kedua pada sebagian wanita.

Puting mengeluarkan cairan

Saat hamil ada masanya payudara sedang mempersiapkan diri untuk menyusui dan terkadang puting menjadi basah. Hal ini biasa terjadi pada trimester ketiga dimana ASI mulai diproduksi oleh payudara bunda.

Pendarahan

Gusi berdarah dan masalah kesehatan mulut biasa terjadi selama masa kehamilan. Beberapa wanita juga akan mengalami pendarahan pada vagina pada awal kehamilan. bunda bisa mengkonsultasikannya segera ke dokter jika hal ini terjadi.

Keputihan

Tingkat keputihan saat hamil akan meningkat karena disebabkan dinding vagina akan menjadi lebih lentur sehingga produksi lendir akan meningkat.

Kram

Kram pada otot perut, betis atau bagian kaki lainnya merupakan keluhan paling umum saat masa kehamilan. umumnya kram akan mulai menyerang pada malam hari.

Sering buang air kecil

Jangan heran kalau sedag hamil bunda akan lebih sering ke kamar kecil. Selama masa kehamilan kondisi kandung kemih terdorong oleh si bayi yang semakin tumbuh sehingga kapasitas kandung kemih berkurang.

Kurang tidur

Jumlah hormon selama masa kehamilan semakin meningkat akan membuat bunda merasa sulit tidur dan lebih sering terjaga di malam hari.

Masalah kulit dan rambut

Masalah seperti stretch mark dan rambut rontok adalah beberapa masalah kulit yang akan bunda alami selama masa kehamilan.

Sembelit

Banyaklah mengkonsumsi makanan ibu hamil yang mengandung serat dan air yang tinggi. Perubahan hormon saat hamil akan menyebabkan sembelit.

Sakit kepala

Rasa sakit kepala yang dahsyat pada beberapa minggu pertama kehamilan akan membuat bunda akan mengalami mual dan muntah. Keluhan lain seperti sakit tenggorokan juga sering dialami sebagian bunda selama menjalani masa kehamilan.

Itulah tadi bun beberapa keluhan yang sering menghampiri setelah ciri-ciri kehamilan datang dan mulai menjalani masa-masa kehamilan yang akan diwarnai beragam keluhan. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat ya bun.

Dibaca 605 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page