Memiliki kebiasaan buruk seperti pelupa terkadang membuat kita repot sendiri saat ada suatu hal yang begitu penting namun kita melupakannya. Menurut Professor Neal Bannard dari George Washington University ingata itu muncul dengan cara mengaitkan dua sel saraf atau lebih dari 100 milyar sel saraf di dalam otak yang diperkuat sehingga bisa dipergunakan kembali di kemudian hari. buat bunda yang mulai pelupa bisa menerapkan beberapa jurus untuk meningkatkan daya ingat.

Apa saja 9 Jurus yang mampu meningkatkan daya ingat?

Apa saja 9 Jurus yang mampu meningkatkan daya ingat

Tambah jadwal tidur

Menurut para pakar, salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat ialah dengan menambah jadwal tidur yang bermanfaatkan menguatkan koneksi antarneuron. Penelitian ini dilakukan dengan sejumlah tes memori lalu meminta mereka tidur siang atau tetap terjaga. Nah, ternyata mereka yang tidur siang lebih mudah mengingat tes yang sebelumnya mereka lakukan. Hasil dari studi tersebut, tidur yang ideal untuk setiap orang adalah 7-9 jam per malam.

Olahraga tiga kali dalam seminggu

Melakukan aktivitas olahraga seperti berlari, berenang, bersepeda selama 30 menit dalam tiga kali seminggu dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Berolahraga bisa menaikkan denyut jantung sehingga aliran darah ke otak juga meningkat. Dengan demikian hippocampus atau bagian vital dari otak melepas protein penting yang dibutuhkan untuk mengingat memori jangka panjang. Latihan kardiovaskular bisa membantu munculnya koneksi-koneksi baru diantara neuron di dalan hippocampus.

Konsumsi makanan penambah daya ingat

Tanpa asupan nutrisi yang baik, otak tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk itulah asupan nutrisi otak dibutuhkan. Sayuran hijau dan beberapa buah antioksidan seperti blueberi ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Cermat dalam memilih suplemen

Ginkgo Biloba yang sebelumnya dipercaya ampuh meningkatkan daya ingat, kini ada studi baru yang menyatakan suplemen herbal Ginkgo Biloba tidak memiliki dampak positif apapun terhadap daya ingat. Sebenarnya hanya sedikit suplemen yang benar-benar bisa mendorong pertumbuhan neuron-neuron baru dan menurunkan zat yang menghambat fungsi kognitif seseorang.

Waspada alkohol

meninggalkan alkohol untuk meningkatkan daya ingat sangat bagus karena mengkonsumsi alkohol terlalu sering dengan porsi berlebih dapat merusak saraf-saraf tersebut

Itulah 5 jurus yang dapat meningkatkan daya ingat, masih ada 5 jurus lagi ditulisan saya berikutnya. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Dibaca 526 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page