Selain mainan, televisi mungkin kini menjadi bagian dari keluarga kita, bagi anak mungkin juga televisi sebagai sesuatu yang menyenangkan setelah mainan. Tetapi perlu diingat ya bun karena televisi dapat mengganggu psikologi anak jika ditonton terlalu sering, apalagi tayangan yang ditonton anak bisa saja bukanlah tayangan yang berkualitas atau kurang sesuai dengan usianya. Selain psikologi anak yang terganggu, menonton televisi terlalu lama juga dapat memicu resiko gangguan kesehatan.

Belum lama ini saya baru membaca sebuah artikel dari aboutkidshealth.ca yang mengemukakan bahwa menonton televisi secara berlebihan dapat mengakibatkan beberapa masalah bagi kesehatan si kecil seperti obesitas dan resiko penyakit karena duduk terlalu lama.

Yuk, Bunda Batasi Jam Nonton Si Kecil Demi Menjauhkan Pengaruh Buruk

Obesitas erat sekali kaitannya dengan beberapa penyakit seperti diabetes dan gangguan jantung karena lemak yang berlebihan dapat mengganggu kinerja jantung. Penyakit lainnya yaitu gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk yang dapat memicu beragam penyakit seperti gangguan ginjal, diabetes, dan kanker.

Artikel tersebut menjelaskan, selain psikologi anak yang dapat terganggu, beragam resiko kesehatan anak juga turut bisa memicu gangguan kesehatan sang buah hati. Bijaklah dalam menentukan waktu nonton anak ya bun. Semoga bermanfaat.

Dibaca 473 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page