Tumbuh kembang balita merupakan hal yang paling diperhatikan oleh seorang bunda yang begitu mencintai buah hatinya. Pada saat masih balita inilah, pertumbuhan anak akan mempengaruhi keadaan tubuh secara fisik, kecerdasan yang dimiliki, keterampilan, kemampuan motorik, keadaan sosial emosional, dan perkembangan otak yang maksimal dimulai sejak kecil.

Tumbuh kembang balita dapat diberikan dengan mencukupi berbagai macam kebutuhan. Seorang bunda dapat mencukupi kebutuhan balita yang terdiri dari kebutuhan biologis, kebutuhan kasih sayang, dan juga kebutuhan stimuli. Kebutuhan fisik biologis dapat dipenuhi dengan memberikan ASI kepada sang buah hati sampai usia 2 tahun.

Asupan gizi yang lainnya saat anak masih balita adalah pemberian karbohidrat yang mencukupi untuk meningkatkan perkembangan anak. Protein juga diberikan pada balita untuk membantu pertumbuhan zat-zat yang diperlukan dalam proses perkembangan tubuh seperti hormon dan enzim. Lemak juga diperlukan dalam proses tumbuh kembang balita. Hal ini karena pada saat balita anak-anak akan lebih banyak bergerak untuk bermain sehingga membutuhkan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya dalam beraktivitas.

tumbuh kembang balita

Pemberian susu formula juga diperlukan untuk tumbuh kembang balita karena di dalam susu tersebut mengandung asam amino Tyrosine yang dapat membantu anak cepat dalam menyerap informasi dan Trytophon yang dapat meningkatkan kualitas pada anak. Kebutuhan kasih sayang untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangan balita juga harus dipenuhi. Kebutuhan kasih sayang ini dapat dipenuhi dengan memberikan perlindungan, perhatian sehingga buah hati merasa nyaman, aman, dan dihargai. Selain itu, mulailah Anda mendengar hal-hal yang diinginkan oleh buah hati.

Tumbuh kembang balita juga dipengaruhi dengan kebutuhan stimuli yang dapat dilakukan pada saat masih di dalam kandungan sampai balita. Hal-hal kecil dapat dilakukan seperti merangsang pertumbuhan pendengaran anak dengan mendengarkan lagu-lagu yang lembut dan pemberian sentuhan yang hangat. Pada saat balita, bunda dapat mengajarkan berbagai macam keterampilan untuk membuat anak berkreasi dan berlatih berpikir agar dapat berkembang secara normal sampai dewasa.

Dibaca 486 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page