Sebagai seorang bunda memiliki tips menjaga kesehatan gigi pasti sangatlah berguna. Selain bagi dirinya sendiri, suami dan anak akan terbantu dengan pengetahuan sang bunda. Walaupun tidak tertulis dalam aturan rumah tangga, sudah menjadi kodratnya kalau bunda memiliki tanggung jawab menjaga kesehatan keluarganya dari berbagai penyakit. Tak terkecuali dengan kesehatan gigi yang sangat penting.

Gigi sebagai pintu utama masuknya makanan harus terjaga kebersihannya dengan baik. Agar terhinda dari penyakit gigi yang sangat menyiksa. Apalagi bagi buah hati yang masih kecil, sakit gigi pastinya akan membuah hari-hari ceria mereka hilang dengan seketika dan berganti tangisan sedih darinya.

Tips Kesehatan Gigi Anak

Kesukaan anak dengan makanan manis seperti permen dan coklat, membuat bunda harus ekstra waspada dalam menjaga kesehatan gigi buah hatinya. Jika tidak dicermati dengan baik, bisa-bisa gigi buah hati bunda akan habis karena kuman yang bersarang di mulut ketika mereka memakan makanan manis. Tips kesehatan gigi buah hati menjadi petunjuk untuk bunda menjaga kesehatan gigi anaknya. Bagaimana sebenarnya tips menjaga kesehatan gigi buah hati kita?

Biasakan Menggosok Gigi

Tips Kesehatan Gigi

Aktivitas gosok gigi sering kali dijauhi oleh anak-anak. Mereka malas melakukannya apalagi ketika akan tidur. Padahal gosok gigi itulah yang menjadi tameng pertama menjaga kesehatan gigi mereka. Bunda bisa membiasakan buah hati untuk menggosok gigi di pagi hari, sore hari dan juga malam hari ketika akan tidur. Membiasakan kebiasaan baik itu sebenarnya mudah sekali. Cukup memberikan contoh gosok gigi secara teratur dari bunda dan ayah sudah membuat mereka terbiasa pada akhirnya. Intinya bunda dan ayah harus memberikan contoh terlebih dahulu agar mereka bisa menurinya.

Menghindari Makanan Manis Berlebihan

Menjauhkan anak dari makanan manis seperti permen atau coklat terdengar sedikit sulit. Memberikan makanan manis dengan porsi yang tidak berlebihan tidak apa-apa kok bunda, asal jangan berlebihan ya. Jangan lupa untuk mengajak buah hati tercinta menggosok giginya setelah memakan makanan manis tersebut.

Ajak ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali

Setelah kebiasaan baik sudah dijalankan, sekarang waktunya mengajak buah hati ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gigi mereka. Berikan gambaran bahwa pergi ke dokter gigi itu mengasyikkan agar mereka tidak takut lagi ketika berhadapan dengannya. Ajaklah mereka datang ke dokter gigi 6 bulan sekali agar kesehatan gigi mereka terjaga.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan gigi bagi bauh hati sang bunda. Gigi sehat akan membuat tawa ceria mereka selalu menghiasi hari-hari bunda.

Dibaca 464 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page