Kesehatan anak yang terus terjaga pastinya menjadi cita-cita setiap bunda. Melihat anak bahagia, bisa bermain dengan riang serta dapat tumbuh dengan pesat menjadi kebahagiaan tersendiri. Apalagi kalau melihat anaknya lebih unggul dari teman sebayanya, hati bunda akan terasa bahagia karena dia sukses membantu menjaga kesehatan anak dengan baik.

Namun, meskipun sudah menjaga kesehatan anak dengan baik, kadang anak bisa saja terserang penyakit yang membuatnya terlihat murung. Apalagi pada saat pergantian musim, perubahan cuaca yang kadang begitu ekstrim membuat tubuh anak kalah melawannya sehingga mereka jatuh sakit. Para bunda pasti akan merasa sangat bersedih jika anaknya sakit. Jika tidak ingin anaknya sakit, bacaan ini mungkin cocok untuk menjaga kesehatan anak agar bisa tetap ceria.

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Terhindar dari Sakit

kesehatan anak

Bisa menjaga kesehatan anak dengan baik merupakan tanggung jawab orangtua. Anak adalah titipan Tuhan jadi harus dijaga dengan baik agar bisa berguna untuk keluarga, bangsa dan agama kelak. Untuk menjaga kesahatan anak, bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini:

Menjaga Pola Makan

Meskipun tubuhnya kecil, anak memerlukan nutrisi yang cukup dan melebihi orang dewasa. Maka dari itu agar tubuhnya yang masih dalam masa pertumbuhan, diperlukan asupan makanan yang memadai. Pastikan juga pola makan mereka teratur agar terhindar dari penyakit pencernaan seperti maag yang sangat membahayakan jika terus dibiarkan.

Kebersihan

Mungkin pernah mendengar iklan yang mempunyai slogan berani kotor itu baik. Memang benar, tapi jika kotor terus dan tidak dibersihkan akan mengundang kuman. Kuman tersebut yang akhirnya menyebabkan timbulnya penyakit. Usahakan untuk menjaga kebersihan tubuh serta pakaian anak setelah dia bermain seharian. Selain pakaiannya beberapa bagian tubuh anak harus diperhatikan secara baik seperti gigi, kuku kaki dan tangan sertaa anggota tubuh lainnya.

Berikan Istirahat Cukup

Anak biasanya sangat aktif dalam berbagai hal. Apalagi jika sudah bertemu permainan atau hal lain yang dia sukai. Pastinya akan sangat sulit dihentikan. Namun, orangtua harus memperhatikan waktu istirahat anak. Siang hari usahakan untuk mengajak anak tidur siang agar dia bisa memiliki waktu istirahat untuk memulihkan tenaganya. Itulah beberapa cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah terserang penyakit. Semoga bunda bisa menjaga kesehatan anak sampai dia dewasa ya.

Dibaca 735 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page