Perilaku anak yang berbagai macam sering kali membuat orang gemas. Tapi ada juga perilaku mereka yang membuat orang tua khususnya dibuat kesal minta ampun. Rewel merupakan salah satu perilaku menjengkelkan bagi orang tua. Apalagi anak rewel di tempat keramaian dan membuat orang tuanya repot dan dibuat malu. Sering kali kalau anak rewel di tempat yang tidak tepat dan sudah sangat menjengkelkan, orang tua suka memarahi mereka. Atau banyak juga yang melakukan aksi fisik seperti mencubit. Rasa jengkel yang melanda belum lagi ditambah rasa lelah membuat banyak orang tua lepas kontrol melakukan kekerasa fisik pada anak.

Tips Menghadapi Perilaku Anak Rewel

Tips Menghadapi Perilaku Anak Rewel

Banyak orang tua yang membela diri kenapa mereka berperilaku kasar kepada anak baik itu dibentak ataupun dicubit dalam menghadapi perilaku anak rewel. Padahal langkah itu salah besar dan tidak seharusnya dilakukan kepad mereka yang masih kecil dan tidak mengerti apa-apa. Bentakan dan juga kekerasan fisik yang dilakukan orang tua tidak membuat mereka jera dan akan membengkas sampai mereka dewasa. Trauma yang akan tergores sampai mereka dewasa akan berdampak buruk. Jadi untuk bunda dan ayah yang baik, hindari melakukan kedua hal buruk itu ya jika ingin anak tetap ceria sampai mereka dewasa. Tidak ingin kan buah hati yang keceriaannya menghiasi hari-hari bunda hilang begitu saja?

Untuk menghadapi perilaku anak rewel lebih baiknya bunda dan ayah mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Sering kali anak rewel disebabkan oleh rasa lelah yang mendera. Atau bisa saja ada salah satu bagian tubuh mereka yang sakit. Periksa dengan baik dan tanyakan mengapa mereka menangis. Kalau mereka rewel karena menginginkan sebuah benda seperti mainan dan makanan tapi dirasa itu tidak baik bagi anak, alihkan perhatian mereka dengan benda lain. Jika terusa saja rewel tinggalkan tempat itu segera dan biarkan mereka menangis dan peluklah. Pelukan bunda biasanya akan memenangkan mereka. Anak rewel sering kali dijadikan cara agar mereka mendapatkan perhatian. Jadi bunda dan ayah jangan mudah marah agar anak tidak mengalami trauma lagi akibat perilaku anak rewel yang hanya bertujuan menginginkan perhatian itu. Anak adalah titipan jadi jagalah dengan baik karena jika sudah diambil oleh Tuhan, hanya penyesalan yang akan dirasakan.

Dibaca 478 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page