Seberapa penting bayi membutuhkan Baby Spa? Ternyata bayi sama seperti orang dewasa yang juga membutuhkan baby spa. Bedanya, bagi bayi selain bermanfaat memberi efek rileks, Baby Spa juga dapat membangun komunikasi non verbal yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Sentuhan bunda kepada buah hati memang ajaib karena dapat memberi efek menenangkan.

Mendengar perawatan baby spa pasti bunda langsung berpikir untuk membawa si kecil ke tempat baby spa yang mahal. Baby spa bisa bunda lakukan di rumah saja dan dengan biaya yang cukup murah. Jika bunda ingin melakukan baby spa di rumah bisa mengikuti empat tahap berikut.

Tips Lakukan Baby Spa di Rumah

Pemijatan

Karena tidak semua bayi senang dipijat maka yang pertama kali bunda lakukan adalah membuat suasana yang nyaman sebelum mulai memijat. Bunda bisa menggunakan bahasa verbal atau non verbal seperti kontak mata dan ekspresi wajah agar si kecil merasa aman. Cara lainnya bisa dengan memperdengarkan si kecil lagu-lagu yang dapat membuatnya rileks. Mulailah melakukan pijat bayi secara perlahan dengan baby oil. Pemijatan lembut bisa dimulai dari wajah, dada, perut, tangan, kaki dan punggung. Sedikit tips dari saya, saat memijat bagian kaki dan tangan bisa menambah gerakan seperti memerah susu secara lembut. Pada bagian punggung cukup dengan gerakan memutar di kedua sisinya.

Mandi

Lalu mandikan bayi dengan bersih dengan air dianjurkan bersuhu 29 sampai 30 derajat celcius. Selesai mandi keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering.

Proteksi

Setelah itu balurkan tubuh si kecil dengan minyak telon untuk menghangatkan badannya. Kemudian pakaikan bedak khusus bayi. Minyak telon dapat memproteksi tubuh bayi dari perut kembung karena masuk angin.

Wewangian

Terakhir, berikan si kecil wewangian agar harum dan segar. Wewangian bisa menggunakan lotion yang dibalur pada area kulit yang cenderung kering seperti lengan, paha, dan kaki agar kelembabannya terjaga. Lakukan pijatan lembut saat mengoleskan lotion.

Selamat mencoba ya bun.

Dibaca 546 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page