Mata merupakan jendela hati, begitulah ungkapan yang sering kita dengar tentang mata. Selain salah satu organ vital manusia, mata juga merupakan salah satu panca indera yang kesehatannya harus kita perhatikan. Tips kesehatan mata yang paling mudah yaitu dengan mengkonsumsi vitamin A atau makanan yang mengandung vitamin A, namun ternyata konsumsi vitamin saja tidaklah cukup.

Kebutuhan lain yang berkaitan dengan tips kesehatan mata juga perlu untuk kita ketahui, karena mata sangat penting bagi kesehatan baik orang dewasa maupun anak-anak.

Tips Kesehatan Mata Menghindari Anak  Menggunakan Kacamata

Aktivitas anak seperti belajar, membaca, bermain, menggambar atau bermain game berpengaruh pada kesehatan matanya, karena semua aktivitas diatas lebih banyak menggunakan organ mata anak yang tentu harus juga diperhatikan oleh orang tua agar tidak sampai menyebabkan minus/rabun jauh (myopia).

Tips Kesehatan Mata: Hati-hati dengan Kacamata!

Keadaan ini bisa terjadi karena bola mata menjadi lebih memanjang dari ukurannya semula, sehingga bayangan sinar tidak bisa sampai tepat di pusat penglihatan (makula) melainkan jatuh di depan makula. Tips kesehatan mata untuk anak agar terhindar dari gangguan minus sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan, beberapa langkah tips kesehatan mata adalah :

  • Perhatikan sistem pencahayaan saat anak beraktivitas seperti membaca dan nonton tv, pastikan cahaya cukup dan tidak membelakangi sinar.
  • Jaga jarak baca sekitar 40-45 cm pada buku dan jarak pAndang pada layar tv serta komputer 60 cm
  • Cukupi kebutuhan gizi anak dengan makanan sehat dan bergizi tinggi.
  • Istirahatkan mata sekitar 5-10 menit saat membaca dengan memejamkan mata dan bisa juga melakukan peregangan.
  • Imbangi kegiatan anak dengan kegiatan fisik yang juga bermanfaat untuk kesehatan otak dan tubuh seperti les musik dan olahraga.
  • Lakukan pemeriksaan mata pada anak untuk mencegah mata minus atau untuk mengetahui minus pada anak bila memang sudah terkena minus.

Mata merupakan bagian tubuh yang paling penting, karena itu jagalah dan perhatikan selalu kesehatan mata anak Anda!

Dibaca 469 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page