Bunda, jangan keburu frustasi apabila si kecil tiba-tiba menangis tidak jelas. Karena belum bisa ngomong, memang bundalah yang harus lebih peka dan tahu apa sih yang dimaui si kecil.

Apabila si kecil menangis, jangan keburu dibawa ke dokter atau bertemu orang pintar. Tidak, Bayi Bunda tidak sedang mengalami sesuatu hal gaib apabila ia menangis terus-terusan di malam hari. Coba deh baca beberapa panduan tentang arti tangisan bayi di malam hari berikut ini.

Lapar

Kebanyakan bayi akan menangis ketika ia merasa lapar. Untuk itulah umumnya Bunda disarankan memberi si kecil susu setiap dua jam sekali. Jangan tunggu sampai si kecil menangis dan kelaparan, lebih baik Bunda sendiri yang menakar dan memberinya ASI sehingga tidurnya lebih pulas dan nyenyak.

Risih

Seringkali pipis, ternyata popoknya basah. Tentunya si kecil tidak akan merasa nyaman bila tidur dalam kondisi tubuh sedang basah. Bunda disarankan untuk selalu memeriksa popok dan menggantinya setiap kali popok menjelang basah.

Tak perlu menunggu sampai dia menangis atau popok terlalu basah, karena membiarkan ia dalam kondisi kedinginan akan membuat bayi masuk angin dan iritasi akibat terkena air urinnya.

Kembung

Tidak lapar dan popok sudah diganti, kenapa masih menangis? Cek dulu kondisi perutnya ya, Bunda. Bisa jadi ia sedang kembung. Di saat perutnya kembung ia merasa tidak nyaman dan tak bisa tidur. Inilah saat yang tepat memberinya minyak telon sambil mengusap perut dan punggungnya merata.

Berikan juga ia selimut atau pakaikan kaus kaki dan kaus tangan sehingga ia tidak semakin kedinginan.

Ingin dipeluk

Sekalipun hanya ditinggal sesaat, bayi juga manja dan haus pelukan lho. Apabila semua hal di atas sudah Bunda lakukan dan ternyata ia masih menangis, maka yang perlu Bunda lakukan adalah mengangkat dan memeluknya. Biarkan ia tidur sejenak dalam pelukan, sampai terlelap.

Tumbuh gigi

Bayi seringkali menangis saat tumbuh gigi dan bahkan, terkadang badannya menjadi demam. Bunda harus tahu mengapa ia sangat rewel dalam fase ini, karena memang di dalam area mulut terasa gatal dan tidak nyaman. Menenangkannya, Bunda harus bisa mengalihkan perhatian agar ia lupa akan rasa tidak nyamannya.

Kaget

Beberapa bayi memang sering kaget saat mendengar suara yang cukup keras atau tiba-tiba. Tak heran apabila ia kemudian menangis. Mengatasinya, Bunda harus mengangkat dan menggendongnya. Apabila perlu, berikan ia asi sehingga rasa kagetnya cepat reda.

Tuh kan, Bun, tidak melulu semua hal harus menimbulkan kepanikan sekalipun Bunda baru punya bayi untuk yang pertama kali. Yang penting cek terlebih dahulu kondisi bayi saat menangis, sehingga Bunda tahu apa yang ia mau.

Dibaca 509 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page