Anak-anak sangat menyukai makan yang manis-manis. Sayangnya hal itu sering membuat giginya sakit. Jika dilarang kok rasanya sulit yah karena makanan seperti permen dan coklat adalah makanan favorit anak-anak.

Menurut Dr Terry Teo Kuo- Yih memang sulit mencegah anak-anak mengkonsumsi permen, kue, coklat atau makanan manis lainnya. Tapi bukan berarti sebagai orangtua menyerah begitu saja membiarkan gigi anaknya rusak atau bahkan sakit.

Untuk itu, Dr Terry memberikan beberapa trik bagi para orangtua terutama bunda agar gigi anak tetap sehat sekalipun memakan makanan yang manis :

Berkumur sehabis makan

Sehabis makan makanan manis seperti permen, coklat, kue atau makanan manis apapun itu berkumur. Ajarkan mereka juga menyikat gigi sedini mungkin bahkan sejak bayi dengan melatih membersihkan gusi sehabis menyusui.

Pilih susu segar

Dibanding susu bubuk, Dr Terry menyarankan agar anak-anak minum susu segar. Menurutnya susu bubuk banyak mengandung gula yang dapat merusakkan gigi. Sebaiknya hentikan pula penggunaan dot ketika anak-anak sudah berusia 5-6 tahun. Latih anak-anak minum susu melalui gelas sejak berumur 5-6 tahun, dan cukup 1 gelas per hari saja sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi anak-anak.

Tanamkan kebiasaan gosok gigi

Caranya dengan melatih mereka menggosok gigi dua kali sehari seseudah sarapan dan sebelum tidur. Tanamkan pula bahwa kesehatan gigi dan mulut itu sangat penting, dan jangan lupa mengontrol kesehatan gigi ke dokter gigi 6 bulan sekali.

gigi sehat, makan manis-manis, trik gigi sehat, gigi anak

Berikan teladan

Jika ingin sang anak mengikuti perintah, berikan teladan lebih dulu. Mulai dari membatasi makanan manis dan ganti dengan yang lebih sehat.

Sakit gigi membuat anak rewel, tidak mau makan dan tentunya tidak nyaman, aktivitas sehari-harinya jadi terganggu bukan? Jadi jaga selalu gigi sehat anak dengan membatasi makanan manis yah.

Dibaca 430 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page