Asupan nutrisi pada masa kehamilan memang berperan penting terhadap kondisi si kecil saat lahir, termasuk nutrisi susu ibu hamil. Bunda yang rutin minum susu selama masa kehamilan akan berpeluang memiliki anak yang tinggi saat mereka kelak memasuki masa remaja. Hal ini diungkapkan oleh tim ilmuwan yang meneliti bayi yang lahir di akhir 1980-an dan menemukan bahwa tinggi badan mereka selama remaja berkaitan dengan jumlah susu yang dikonsumsi saat ibu mengandung.

Bagaimana susu ibu hamil bisa mempengaruhi tinggi badan anak?

Susu Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Tinggi Badan Anak

Seperti yang kita tahu asupan ASI dapat memang dapat mendorong pertumbuhan bayi yang baru lahir. Ahli gizi dari Denmark dan AS ingin melihat bagaimana manfaat susu yang terlihat pada saat tahap awal kehidupan bisa berlangsung sampai beberapa tahun kemudian. Para ahli tersebut meneliti 809 perempuan di Denmark dengan masa kehamilan tahun 1988 dan 1989 dengan memantau berapa banyak susu yang dikonsumsi oleh masing-masing ibu mereka selama hamil. Berat badan serta panjang bayi saat lahir pun diukur kemudian ditindak lanjuti sekitar 20 tahun kemudian.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition yang menunjukkan remaja laki-laki atau perempuan umumnya lebih tinggi jika ibu mereka minum susu ibu hamil setidaknya seperempat liter susu setiap hari pada masa kehamilan. sedangkan ibu yang minum susu kurang dari seperempat liter setiap harinya memiliki badan yang kurang tinggi.

Tidak hanya itu, peneliti juga mengukur kadar insulin pada mereka yang berbadan lebih tinggi dan hasilnya mereka memiliki kadar insulin dalam darah lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa mereka beresiko rendah mengidap diabetes.

Saat ini ilmuwan Inggris menemukan wanita yang lebih banyak minum susu ibu hamil memiliki anak dengan IQ tinggi karena kandungan yodium pada susu. Hasil ini didapat setelah mensurvei lebih dari 1.000 perempuan hamil.

Ternyata susu ibu hamil tidak hanya berdampak positif untuk bayi saat masih dikandungan sampai lahir saja ya. Bahkan sampai 20 tahun kedepan bisa membuat si anak berkembang dengan baik. Begitupun dengan kecerdasan yang kelak dimiliki si anak kelak. Semoga bermanfaat ya bun, silakan beri komentar atau sekedar benrbagi informasi menarik seputar manfaat susu ibu hamil lainnya.

Semoga postingan saya bermanfaat.

Dibaca 4815 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page