Usia balita adalah usia emas bagi anak. Pertumbuhan balita Bunda begitu pesat pada usia-usia ini. Mau tidak mau, asupan gizi balita juga harus dijaga. Balita membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk mendukung perkembangannya ini. Salah satu asupan nutrisi balita yang penting adalah vitamin D. Pada umumnya, kita mengaitkan vitamin D dengan pertumbuhan tulang. Ternyata, vitamin D memiliki manfaat lebih dari itu.

Kebanyakan ibu juga mengetahui bahwa sinar matahari merupakan salah satu sumber utama vitamin D. Dengan demikian bermain di luar rumah merupakan salah satu aktifitas yang disarankan. Selain bermanfaat besar untuk pertumbuhan tulang, ternyata vitamin D bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit, diantaranya untuk mencegah penyakit asma dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Kasihan bila anak nantinya harus menderita karena penyakit ini. Barangkali ada diantara para bunda yang pernah mengalami ini. Jadi, asupan gizi balita, khususnya vitamin D tetap harus diperhatikan.

Seringkali karena alasan tertentu Bunda jarang mengajak anak keluar rumah, sehingga kurang mendapat sinar matahari.  Selain dari sinar matahari, asupan vitamin D juga banyak terdapat dalam makanan kok, Bun. Asupan gizi balita bisa diatasi dengan memberikan makanan-makanan ini.

gizi balita, nutrisi balita

Sumber nutrisi balita yang banyak mengandung vitamin D itu diantaranya adalah minyak ikan, udang, tuna, ikan salmon, susu, sereal, jamur, dan telur. Makanan-makanan ini mudah didapatkan kok. Beberapa jenis makanan mungkin akan sedikit kurang diminati oleh anak. Tentu saja Bunda harus lebih sabar untuk ini.

Selain vitamin D, kebutuhan gizi balita Bunda yang lainnya juga harus diperhatikan. Seluruh kebutuhan nutrisi balita perlu diberikan secara rutin, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin. Setiap nutrisi akan berpengaruh besar pada tumbuh kembang buah hati. Kalsium misalnya dapat membantu pertumbuhan tulang serta gigi balita. Karbohidrat ternyata juga berfungsi untuk perkembangan otak anak. Protein berfungsi untuk membentuk banyak bagian organ tubuh. Jadi, usahakan untuk selalu menyediakan menu makanan yang lengkap gizi agar perkembangan buat hati tetap sehat dan terjaga.

Dibaca 912 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page