Pemberian ASI eksklusif untuk seorang bayi merupakan satu hal yang wajib dilakukan oleh seorang ibu. ASI eksklusif harus diberikan oleh ibu karena itulah makanan terbaik bagi seorang bayi. Meskipun memiliki tubuh yang mungil, namun mereka membutuhkan nutrisi yang sangat komplek dan melebihi kebutuhan nutrisi untuk orang dewasa. ASI-lah yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bayi karena di dalam ASI terdapat begitu banyak gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Bahkan sampai sekarang belum ada yang menemukan makanan untuk bayi yang bisa mengalahkan ASI. Itulah karunia Tuhan yang sangat besar untuk seorang wanita.

asi ekslusif
gambar: unair.ac.id

Manfaat ASI Eksklusif Dalam Pertumbuhan Anak

Banyak pakar kesehatan dan kehamilan yang menganjurkan seorang ibu memberikan ASI eksklusif untuk anaknya. ASI eksklusif tersebut minimal diberikan selama 6 bulan usai pertamanya dan maksimal sampai usai 2 tahun. Di fase pertama yaitu usia 0 sampai 6 bulan, ASI eksklusif sangat dianjurkan karena pada saat itu makanan bayi hanya boleh didapatkan dari ASI saja dan bukan dari makanan lainnya. Bayi di usia itu dilarang diberi makanan lain selain ASI karena sistem pencernaannya masih belum berkembang dengan baik. Apalagi jika bisa meberikan ASI eksklusif selama 2 tahun, pertumbuhan bayi biasanya akan berbeda dengan bayi lainnya yang tidak diberikan ASI eksklusif oleh ibunya.

Ada beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif bagi sang bayi. Manfaat tersebut sangat baik bagi pertumbuhan fisik dan otak sang bayi. Untuk mengetahuinya secara detail, di bawah ini ada beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif untuk bayi. Manfaat pertama adalah menghindari anak dari penyakit ganas seperti kanker lymphoma maligna, neuroblastoma serta kanker leukemia limphositik. Di samping itu pemberian ASI eksklusif juga berguna untuk membantu pertumbuhan sistem pencernaan bayi serta menyiapkan sistem penceraan utuk bisa menerima makanan pendamping ASI (MPASI). ASI juga mengindari anak dari masalah saluran pencernaan 3 kali lebih banyak daripada anak yang diberi susu formula. Pemberian ASI eksklusif juga dapat membantu pertumbuhan otaknya salah satunya berperan peting dalam IQ mereka. Itulah beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif kepada sang anak. Jika ingin mendapatkan anak yang pintar dan sehat, maka berikan ASI eksklusif minimal 6 bulan dan maksimal 2 tahun usianya.

Dibaca 455 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page