Mainan merupakan salah satu alat atau benda yang dapat dijadikan orang tua untuk memberi hiburan kepada anak dan juga menenangkan anak di saat dia rewel. Selain itu mainan juga dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran atau pendidikan dini bagi anak.

Bagi bunda yang memiliki anak balita pernahkah untuk memperhatikan keamanan mainan untuk anak? Kebanyakan orang tua sekarang hanya memberikan mainan kepada anak asal saja yang terpenting anaknya senang. Jarang ada orang tua yang mempedulikan tingkat keamanan mainan anak.

Memilih mainan anak sebenarnya gampang-gampang susah, bunda harus memperhatikan keamanan mainan anak. Mainan anak yang aman adalah mainan yang jika dimainkan tidak akan menimbulkan bahaya bagi sang buah hati. Dalam memilih mainan juga harus diperhatikan juga bahan yang dibuat. Mainan anak kebanyakan terbuat dari bahan dasar plastik.

keamanan mainan anak

Sebelum membeli mainan bunda harus mengecek terlebih dahulu mainan itu, mainan plastik kebanyakan terbuat dari daur ulang plastik, nah mainan plastik yang menggunakan bahan daur ulang plastik itu kurang bagus untuk anak. Untuk membedakannya bunda harus lihat warnanya, biasanya mainan plastik dengan bahan plastik baru akan berwarna lebih cerah dibandingkan mainan plastik daur ulang.

Selain mainan plastik ada juga mainan yang terbuat dari kayu, logam, dan bahan lembut seperti kain ataupun bulu. Dalam memilih mainan anak yang terbuat dari kayu adalah pastikan cat yang digunakan bukan cat minyak dan tidak mudah terkelupas. Keamanan mainan anak yang terbuat dari kayu haruslah diperhatikan, anak yang berusia dibawah tiga tahun hendaknya jangan diberikan terlebih dahulu mainan yang terbuat dari kayu, lebih baik diberikan mainan Pakistan ataupun yang terbuat dari bahan lembut lainnya.

keamanan mainan anak

Mainan yang terbuat dari logam lebih aman jika diberikan kepada anak yang berusia tiga tahun ke atas. Namun harus tetap memperhatikan keamanan mainan anak, pastikan jika tidak ada ujung yang tajam dan hindari mainan yang sudah terdapat karatan, karena akan berbahaya jika tertelan oleh anak. Mainan yang aman untuk anak dibawah tiga tahun yaitu mainan dengan bahan dasar seperti kain dan bulu, namun tetap perhatikan keamanannya, hindari untuk membeli mainan yang bulu gampang terlepas karena itu akan mengganggu kenyamanan anak dalam bermain.

Dibaca 609 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page