Anak yang suka menggigit memang bukan prilaku yang aneh yang penyebabnya pun beragam. Jika anak Bunda masih berumur 5-8 bulan, bisa jadi ini disebabkan oleh faktor fisiologis, yaitu akan tumbuh gigi. Tapi perlu Bunda ketahui jika anak bunda sudah menginjak umur 3-4 tahun dan masih suka menggigit itupun masih terbilang normal.

Perilaku tersebut bisa terjadi karena sang anak masih belum mengerti betul tentang norma dan agresifitas. Walau masih berumur dini sebaiknya Bunda jangan mengacuhkan prilaku anak yang suka menggigit yah. Itu akan menjadikannya sebagai kebiasaan yang akan terbawa hingga dirinya sudah bersekolah dan beranjak dewasa. Penanganan pertama yang bunda harus lakukan adalah sharing dengannya. Bagaimana dampak negatif jika prilaku itu masih terus dilakukan.

Tapi jika sang anak masih saja mengggit, Bunda bisa lakukan hal di bawah ini :

  1. Kenali dulu apa yang menyebabkan anak berprilaku seperti itu. Apakah mencontoh dari perilaku orang yang ada disekitarnya atau televisi. Menggigit juga adalah ekspresi rasa kesal yang bisa dilakukan seorang anak.
  2. Bila sudah mengenali penyebabnya, kemudian lakukan tindakan sesuai dengan apa yang melatar belakangi anak suka menggigit.
  3. Harus konsisten dengan aturan yang Bunda terapkan untuknya di rumah
  4. Saat bunda atau Ayah mengalami kekesalan, berilah contoh yang baik dihadapan anak dengan tidak mengekpresikan perilaku menjurus kepada agresifitas seperti, mencubit, memukul, menggigit dll.
  5. Jangan pernah berpura-pura mencubit atau menggigit dengan alasan gemas kepada adik bayi di hadapan anak. Jika ini dilakukan, anak akan mencontoh bahwa perilaku tersebut dibenarkan.

Dibaca 580 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page