Mengobati penyakit anak memang bukan hal yang mudah karena harus mempertimbangkan dosis yang sesuai, efek samping, dan lain sebagainya. Oleh karenanya mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati penyakit anak. Pencegahan ini sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh yang dimiliki anak.

Mengobati Penyakit Anak – Cegah dan Atasi Penyakit Anak yang Sering Muncul

Ada 4 penyakit yang sering menyerang anak – anak menurut World Health Organization (WHO) yakni tifus, diare, radang tenggorokan dan flu. Kali ini kami akan mengulas gejala, cara mencegah, dan cara menangani flu dan radang tenggorokan tersebut:

FLU

Gejala flu: mata terasa panas dan merah, otot pegal-pegal, sakit tenggorokan, anak menggigil, demam/panas tinggi, batuk-pilek.

Pencegahan: gunakan masker saat pergi ke tempat umum karena flu bisa menular melalui bersin, percikan ludah, dan udara. Hindari aktifitas yang membuat anak akan sangat kelelahan dan beri anak asupan gizi dan suplemen yang cukup.

Pengobatan: Istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, konsumsi vitamin C dan berikan obat penurun panas jika demam dan obat batuk jika muncul gejala batuk. Jika flu masih muncul, maka berikan obat antibiotik.

Mengobati Penyakit Anak

RADANG TENGGOROKAN

Gejala radang tenggorokan: keluar air mata tapi mata tak berwarna merah, sakit kepala, linu-linu pada otot, batuk, sakit tenggorokan, demam, merasa silau jika terkena cahaya, rewel dan keaktifannya berkurang.

Pencegahan: berikan asupan gizi dan suplemen yang cukup, waspadai penularan melalui butiran halus air ludah yang tersebar di udara dengan memakai masker dan menjauhkan anak dari penderita radang tenggorokan, hindari makanan yang kering, berminyak, apalagi pedas.

Pengobatan: jika radang tenggorokan terjadi lebih dari 6-7 kali per tahun maka kemungkinan anak memiliki daya tahan tubuh kurang baik atau alergi sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter. Istirahat yang cukup, banyak makan sayur dan buah, berikan obat simptomatik minimal 3-5 hari untuk penyembuhan radang ringan, berikan antibiotik jika muncul peningkatan sel darah putih, warna “keputihan” di tenggorokan, pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher, atau demam mendadak.

Demikian cara mengenali gejala, mencegah serta mengobati penyakit Anak yang sering kali muncul.

Dibaca 511 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page