Panas dalam pada bayi tidak bisa dianggap remeh begitu saja, karena ini adalah salah satu gejala bayi memiliki penyakit lain yang dapat mengganggu kesehatan dan berbahaya untuk pertumbuhan dan juga perkembangan kecerdasan bayi.

Ada banyak cara-cara tradisional untuk mengobati panas dalam pada bayi, salah satunya dengan air kelapa hijau muda. Air kelapa hijau muda dapat menyegarkan dan menyembuhkan panas dalam. Caranya dengan mencampurkan 1 buah air kelapa hijau muda dengan 3 sendok makan madu asli, dan minum sehari sekali saja.

Ada juga bahan tradisional lain yang dapat menyembuhkan panas dalam, ini beberapa di antaranya :

Madu dengan perasan air jeruk lemon

Madu dan lemon memiliki banyak manfaat kesehatan apalagi untuk bayi. Jika si kecil mengalami sakit tenggorakan, gunakan madu dengan menambahkan air hangat plus perasan lemon. Ini cara terbaik dan dapat mengatasi iritasi pada tenggorakan.

Rambut jagung muda

Ambil rambut dari jagung muda, karena memiliki khasiat untuk menyembuhkan panas dalam. Caranya rebus segenggam rambut jagung dengan air, tambahkan dengan sedikit jahe, dan gula batu. Saring, dan minumkan airnya sehari sekali karena ramuan ini dapat meredakan panas dalam.

Sari kunyit, telur ayam kampung dan madu

Berikan si kecil yang sedang mengalami panas dalam, ramuan dari bahan alami sari kunyit, telur ayam kampung, dan madu yang telah dicampur menjadi satu. Berikan pada si kecil satu kali sehari. Cara membuatnya mudah, parut kunyit dan ambil sarinya, begitupun dengan santan kelapa. Sari kunyit tadi dicampur dengan telur ayam kampung (ambil merahnya saja), tambahkan madu secukupnya agar rasanya terasa lebih manis dan amisnya hilang.

Ramuan cincau dengan madu

Agar panas dalam reda, berikan ramuan cincau dengan madu untuk meredakan panas dalam bayi. Cincau memiliki sifat mendinginkan, jadi sangat pas menjadi obat panas dalam untuk bayi. Cincau dapat mendinginkan pencernaan bayi sekaligus mengenyangkan.

panas dalam, bayi, obat panas dalam, bahan alami

Madu dengan sari daun katuk

Sari daun katuk sangat baik sebagai obat panas dalam. Ambil sari daun katuk dan campurkan dengan madu. Daun katuk dapat mendinginkan pencernaan bayi sekaligus dapat memproduksi air susu yang banyak bagi ibu yang sedang menyusui.

Jika bayi terkena panas dalam atau mengalami perut kembung, bunda dapat memberikan minyak telon Konicare, oleskan pada perutnya agar si kecil selalu hangat.

Dibaca 914 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page