Balita merupakan usia pertumbuhan anak yang sangat penting. Di usia ini pemenuhan gizi balita sangat berpengaruh akan pertumbuhannya dimasa anak-anak mereka nanti. Berbagai cara pemenuhan gizi balita pun menjadi masalah penting untuk dipelajari. Pemenuhan gizi seimbang untuk balita adalah modal pertumbuhan mereka sehingga pengetahuan ibu-ibu akan hal ini harus selalu ditambah.

Kacang-Kacangan

Salah satu zat gizi balita yang harus terpenuhi kebutuhannya adalah protein. Bahan pangan kacang-kacangan adalah bahan yang kaya akan zat gizi  yang satu ini dan menjadi sumber potensialnya. Kacang-kacangan ini juga menyehatkan. Bahan pangan yang satu ini menjadi favorit para balita karena rasanya gurih dan nikmat. Biji dari bahan pangan yang satu ini adalah tempat tertinggi kandungan proteinnya. Biji kacang-kacangan yang kering, kandungan proteinnya antara 8-17 %. Selain protein ini, biji kacang-kacangan kering ini juga mengandung zat bagi pemenuhan gizi balita lainnya yaitu zat besi sebesar 1-5 mg/ 100 g dan kalsium 14-102 mg/ 100 g.

Biji kacang-kacangan ini juga disebut-sebut tinggi lemak. Padahal ada dua jenis kacang-kacangan yang harus diketahui yaitu beans dan nuts. Untuk jenis atau kelompok beans yang paling menonjol untuk kandungan gizi serta manfaatnya adalah kacang kedelai. Kacang kedelai memang memiliki kandungan gizi tertinggi, denga kandungan proteinnya 17 %, zat besi 5 mg/ 100 g, dan kalsiumnya yaitu 102 mg/ 100 g. Kandungan kacang kedelai lainnya yaitu sebagai anti oksidanyang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat reaksi radikal bebas.

Kacang-kacangan yang termasuk jenis atau kelompok nuts merupakan salah satu sumber gizi balita yang baik. Kandungan lemaknya memang cukup tinggi, tapi bisa menjadi sumber protein juga. Namun, perlu diketahui bahwa jenis lemak yang terkandung dalam jenis atau kelompok nuts ini termasuk jenis lemak tak jenuh  yang justru baik serta bermanfaat untuk kesehatan.

Variasi makanan dari kacang-kacangan sebagai usaha pemenuhan gizi balita ini tidak selalu harus diolah macam-macam. Cukup merebusnya dan menjadikannya sup pasti akan disukai balita karena rasanya gurih dan enak. Pastikan dalam merebusnya juga sampai empuk.

Dibaca 1246 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page