Ketika bayi sudah memasuki usia 1 tahun, si kecil sudah bisa mulai berjalan sendiri. Namun tumbuh kembangnya bayi di usia 1 tahun bukan satu-satunya pertanda yang dialami pada usia tersebut. Ada beberapa perkembangan balita berusia 1 hingga 2 tahun. Seperti tumbuhnya perkembangan otak pada anak  dengan ditandai si kecil bertambah terampil dalam berbicara, mengingat, maupun berjalan. Perkembangan pada balita tersebut perlu bunda perhatikan untuk membantu dan mengarahkan si kecil.

Selain adanya pertumbuhan fisik, perkembangan balita pada usia yang menginjak 1 tahun biasanya si kecil ditandai dengan kemampuan dalam berpikir dan mengingat orang atau kejadian yang ada di sekitar lingkungannya. Si kecil mampu memahami tentang symbol, belajar berpura-pura, dan meniru sesuatu  yang dilihat maupun yang didengar olehnya. Karena si kecil mudah  menirukan apa yang dia lihat dan dia dengar, maka peran bunda di sini sangatlah penting untuk mengarahkan apa yang seharusnya ditiru atau tidak agar tidak menjadi kebiasaan si kecil

perkembangan balita

Perkembangan balita selanjutnya pada usia 1 tahun adalah pada emosinya. Sebagai contohnya adalah si kecil akan menangis jika dia harus terpisah oleh orang terdekatnya. Tapi seiring dengan bertambahnya usia balita akan melakukan aktivitasnya sendiri. Di sinilah merupakan tahap perkembangan pada balita mengalami kebingungan serta konflik dan terkadang merusak.

Menginjak di usianya ke 15 hingga 18 bulan, balita cenderung mampu memahami kosakata dengan baik. Si kecil dapat memahami 10 kali kosakata dari biasanya. Di usianya yang menginjak 2 tahun, si kecil sudah bisa berbicara setidaknya 50 hingga 100 kata.

perkembangan balita

Perkembangan sensorik dan juga motorik pada perkembangan balita terlihat pada keterampilan anak saat berjalan dengan mantap. Selanjutnya setelah berjalan si kecil dapat berlari, melompat, dan juga memanjat. Perkembangan ini terjadi saat saraf dan juga otot anak bekerja bersama.

Perlu diwaspadai jika anak bunda belum bisa melangkat dan perlu bantuan untuk berdiri saat usia anak bunda sudah menginjak 1 tahun. Atau si kecil belum bisa mengeluarkan kata yang didengarnya. Peran bunda di sini adalah terus mendampinginya dan pahami emosinya agar si kecil dapat mengembangkan emosinya dengan baik.

Dibaca 509 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page