Madu memang kita kenal sebagai salah satu jenis minuman yang sarat dengan banyak manfaat, termasuk meredakan batuk yang mengganggu kesehatan anak lho bun. Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah artikel yang mengemukakan bahwa World Health Organization dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan madu untuk mengatasi batuk.  Dr Ronald McCoy, dari Royal Australian College of General Practitioners, mengatakan terdapat beberapa penelitian yang juga menunjukkan bahwa sesendok madu tiap beberapa jam dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Manfaat Madu Sebagai Obat Batuk Anak

Di sejumlah negara berkembang yang mungkin memiliki keterbatasan terhadap obat-obatan dianjurkan memberi madu kepada anak-anak yang menderita batuk. Madu ternyata dapat mengurangi frekuensi hingga keparahan batuk jika dibanding tanpa pengobatan. Meski penelitian tersebut masih berlanjut namun madu yang pasti mengandung mikroba yang akan melapisi tenggorokan dan memicu mekanisme menelan, serta rasa manisnya juga memungkinkan mengubah sensitivitas serabut sensoris.

Meski madu memiliki manfaat meredakan batuk pada anak namun McCoy mengingatkan para orang tua agar tidak memberikan madu pada anak jika usianya masih dibawah 12 bulan. Alsannya, madu bisa menjadi sumber spora botulis pada bayi dan sistem kekebalan tubuh bayi belum cukup berkembang untuk mengatasinya sehingga dapat mengganggu kesehatan anak.

Dibaca 494 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page