Tidak ada orang tua yang ingin melihat anaknya tidak tumbuh dengan baik atau bahkan menderita suatu penyakit , tetapi anak yang tumbuh dengan baik dan tahan dengan berbagai serangan penyakit tidak datang begitu saja. Makanan merupakan salah satu faktor penting yang akan berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan anak.

Bunda harus turut andil dalam menjaga makanan anak agar senantiasa sehat dan bernutrisi. Anak juga harus diajarkan pola makan yang sehat sejak dini agar mereka tidak lagi pilih-pilih makanan yang membuat mereka kekurangan asupan nutrisi seimbang dalam tubuh.

Jika ada anak yang pilih-pilih makanan, anak tersebut tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena Bunda membiarkannya untuk memilih makanan. Banyak orang tua yang mempunyai anggapan bahwa selama anak bisa makan, jenis makanan yang mereka makan tidak menjadi masalah. Kesalahan orang tua berasal dari anggapan ini tentu saja karena jika anak tidak menyukai suatu makanan misalnya sayur atau buah, orang tua harus berpikir keras dan lebih kreatif dalam mengolah makanan sehingga anak mereka mau memakan sayuran atau buah tersebut.

Citacita-bunda-Makanan Sehat Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak-2

Dengan demikian, anak tidak akan makan hal yang mereka sukai tetapi tidak mempunyai nutrisi seimbang dan pertumbuhan serta kesehatan anak bisa didukung secara optimal. Kebiasaan seperti ini hendaknya dilakukan sedini mungkin bahkan semenjak anak mulai mengenal makanan sehingga kelak anak tidak akan memilih-milih makanan.

Makanan merupakan sumber kesehatan sekaligus sumber penyakit. Makanan bisa menjadi sumber kesehatan anak jika makanan tersebt mempunyai kandungan nutrisi seimbang yang sangat dibutuhkan oleh anak selama masa pertumbuhan. Akan tetapi, makanan dengan bahan dan proses pembuatan tidak jelas justru akan berbahaya bagi anak. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi orang tua terlebih saat anaknya sudah menginjak masa sekolah.

Banyak jajanan tidak sehat yang beredar di sekolah dan kebetulan anak-anak sangat menyukainya. Orang tua tida perlu pusing mengenai hal ini karena hal ini bisa diakali dengan cara membiasakan anak membawa bekal setiap kali berangkat ke sekolah atau melakukan kegiatan lain. Dengan demikian, anak tidak akan jajan sembarangan dan kesehatan mereka akan jauh lebih terjamin dengan makanan yang sehat dan bersih.

Sumber Artikel : Sehataja.com

Dibaca 550 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page