Susu formula merupakan susu yang dipergunakan untuk mencukupi gizi bayi selain dengan ASI (Air Susu Ibu). ASI memang merupakan asupan gizi terbaik untuk anak. Umumnya ASI diberikan secara intensif selama 6 bulan pertama. Namun tidak sedikit yang memutuskan menggunakan susu formula dengan berbagai alasan. Mulai dari alasan ASI yang sulit keluar, sibuk, hingga alasan karena menggunakan susu formula lebih mudah dan praktis.

Susu formula dibuat kandungan nutrisinya menyerupai ASI. Ada bermacam zat yang harus terdapat pada susu formula tanpa kecuali. Zat gizi yang harus terdapat pada susu formula terdiri atas zat gizi makro, zat gizi mikro, dan zat gizi tambahan. Zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral.

susu formula

Sedangkan zat gizi tambahan seperti DHA, ARA, FOS, dan lain-lain. Semua zat gizi yang terdapat pada susu formula tersebut kandungan dan peredarannya diawasi oleh badan yang berwenang, di Indonesia adalah BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Apa saja zat gizi tambahan yang berguna bagi bayi? Jika kita melihat iklan susu formula di televisi pastinya menawarkan berbagai kandungan zat yang terdapat pada produknya yang bermanfaat untuk bayi. Sebenarnya apa manfaat dari zat-zat tersebut? Berikut ini beberapa jenis zat gizi tambahan yang bermanfaat untuk bayi.

  • ARA (arachinoid acid) berfungsi untuk pembentukan jaringan otak bayi
  • DHA (docosahexaenoic acid)berfungsi untuk perkembangan otak dan saraf penglihatan
  • Beta Karoten dan Lactoferin, berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh
  • Prebiotik, berfungsi mencegah bayi dari dari sembelit dan kesulitan pencernaan
  • LA (linoleic acid), berfungsu untuk membantu perkembangan otak dan mental bayi.
  • FOS (fructo oligo sakarida) dan GOS (galakto oligo sakarida), keduanya berfungsi dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindarkan pathogen jahat.
  • Asam Lemak Omega 3 dan 6. Asam lemak ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel bayi serta memelihara hormone.

susu formula

Dalam memilih susu formula tidak harus membeli yang mahal. Yang terpenting adalah memperhatikan kadar gizinya serta tanggal kadaluwarsanya. Jika tidak benar-benar terpaksa, sebaiknya bayi diberi ASI eksklusif bukan susu formula. Karena meskipun gizi susu formula dibuat menyerupai ASI, namun ASI merupakan suplai makanan bernutrisi terbaik untuk bayi.

 

Dibaca 592 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page