Balita sehat tentunya menjadi anugerah yang tak terkira bagi orang tua. Tubuh yang sehat serta keceriaan dari wajahnya akan selalu menghiasai hari-hari keluarga kecil itu. Kebahagiaan orang tua tidak akan tergantikan ketika melihat balitanya dalam keadaan sehat. Namun untuk mengetahui keadaan balita sehat atau tidak, rupanya masih banyak orang tua yang belum mengetahuinya. Pengetahuan yang minim tentang balita sehat menjadikan orang tua kurang awas jika terjadi masalah dengan tubuh balita. Padahal di masa balita merupakan masa yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya sampai dewasa. Masa itu diberi nama masa keemasan yaitu berada di usia 0 sampai 5 tahun. Jika balita tidak sehat, tentunya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangannya.

balita sehat
gambar: mediasehat.com

Beberapa Kriteria Balita Sehat

Secara garis besar ada beberapa kriteria yang menentukan keadaan balita sehat atau tidak. Dari kriteria tersebut juga bisa memberikan tanda bagi orang tua apakah anaknya kekurangan nutrisi atau tidak. Untuk mempermudah orang tua menilai balita sehat atau tidak, berikut kriterianya. Kriteria pertama bisa dilihat dari ketangkasan fisiknya. Seorang balita sehat pastinya memiliki ketangkasan fisik yang sangat baik. Ketangkasan fisik tersebut bisa dilihat dari bagaimana dia memegang bola dengan benar, bergerak dengan lincah atau bisa duduk dengan baik. Kriteria kedua balita sehat adalah keaktifannya dalam bergerak. Balita memiliki kesukaan bergerak ke berbagai tempat. Apalagi jika mereka baru bisa berdiri, orang tua akan kewalahan mengikuti gerakan mereka. Jika balita tidak terlihat aktif bisa saja dia sedang mengalami masalah dalam tubuhnya. Kriteria balita sehat selanjutnya adalah memori yang baik. Balita sehat tidak hanya tercermin dari fisiknya saja. Namun ketangkasan dalam menghafal sesuatu mejadi nilai tersendiri.

Balita sehat juga memiliki pertumbuhan fisiknya yang sangat pesat. Pertumbuhan pesat menjadi salah satu kriteria balita sehat yang sangat terlihat. Namun pertumbuhan pesat tersebut termasuk ke berat badan balita yang melebihi umurnya. Balita gemuk bisa jadi malah menjadi masalah ke depannya karena dapat menimbulkan obesitas. Pertumbuhan fisik yang baik itu meliputi pertumbuhan beberapa organ tubuhnya yang dapat berfungsi dengan baik. Itulah beberapa kriterai balita sehat yang dapat dicermati oleh orang tua. Namun untuk memastikannya, berkonsultasilah dengan dokter anak yang terpercaya.

Dibaca 554 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page