Tahukah Bunda? Bahwa penyakit autis merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada anak. Biasanya gangguan ini terjadi pada perkembangan pervasif yang dimilikinya. Hal ini ditandai dengan kelambatan si anak dalam mengembangkan bahasa, perilaku dan juga interaksi sosialnya dengan lingkungan sekitar.

Kata Autisme sendiri berasal dari bahasa Yunani “Auto” yang berarti sendiri, oleh karena itu anak yang memiliki gejala autisme menganggap dirinya punya dunia sendiri yang orang lain tak boleh mengusiknya. Tanda anak yang menderita penyakit autisme bisa dilihat dari perilaku mereka yang mengacuhkan suara, penglihatan ataupun kejadian yang melibatkan mereka. Mereka tak akan merepon dan lebih memilih diam dalam situasi tersebut.

Citacita-Bunda-Kenali Autisme Pada Anak-2

Bebeapa anak yang menderita autisme juga bahkan menghindari atau tidak merespon sama sekali terhadap kontak sosial, contonhya adalah tidak memandang mata orang lain, tidak memberikan sentuhan kasih sayang, tidak mau bermain dengan anak-anak lainnya dan lain sebagainya. Faktor yang menyebabkan penyakit autisme ini juga ada beberapa hal.

Para ahli berpendapat bahwa gangguan autis diakibatkan oleh gangguan psikiatri atau jiwa pada penderita. Gangguan pada jiwa yang tidak sehat tersebutlah yang mengakibatkan si penderita autis sering berperilaku aneh dan bahkan berbeda dibandingkan orang lainnya. Ahli lain juga ada yang berpendapat bahwa ada sebagian anak yang menderita penyakit autis akibat kesalahan dalam mengkombinasikan makanannya. Kesalahan yang berakibat pada kerusakan usus besar ini mempengaruhi tingkah laku dan fisik mereka kemudian.

Faktor genetik atau pembawaan juga mempengaruhi si anak akan menderita penyakit autis atau tidak. Gangguan metabolisme metalotonin yang merupakan sistem utama dalam tubuh juga berpengaruh dalam menimbulkan penyakit autis pada anak.

Sumber Artikel Kesehatan : Sehataja.com

Dibaca 691 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page