Bayi adalah makhluk Tuhan yang masih sangat membutuhkan perawatan eksklusif dari orang-orang terdekatnya, khususnya sang bunda. Sang bunda akan melakukan apapun, asal bayinya bisa tumbuh sehat. Biasanya, bunda akan memberikan ASI ketika buah cintanya baru saja lahir ke dunia.

Setelah kira-kira bayi berusia 2 bulan, bunda akan memberikan nutrisi tambahan lewat makanan pendamping ASI. Tentunya, tidak sembarang makanan bisa bunda berikan, makanan tersebut harus mempunyai tekstur yang lembut dan tidak mengandung bahan pengawet. Sehingga, ketika mengkonsumsinya bayinya akan tetap sehat. Tetapi, makanan sehat seperti apa yang bisa bunda berikan pada sang buah hati? Berikut ada beberapa makanan yang bisa bunda jadikan referensi untuk dijadikan makanan sehat untuk bayi?

Pertama, bunda bisa memberikan sereal yang biasanya terbuat dari beras merah, yang dicampurkan dengan ASI atau susu formula. Makanan sehat untuk bayi yang pertama ini, tidak boleh dibuat terlalu kental, karena usus bayi belum bisa menyerap makanan dengan tekstur yang keras. Jadi buatlah sereal tersebut seperti bunda membuat bubur.

Sehingga, bayi dapat memakannya dengan mudah. Pemberiannya juga harus diatur, jangan terlalu banyak memberikan makanan tersebut, karena sang bayi bisa-bisa akan muntah. Karena, pemberian sereal adalah tahap pengenalan bayi terhadap makanan, maka dari itu sang bunda bisa membuatnya dengan porsi kecil saja.

ASI, makanan sehat untuk bayi

Setelah sang bayi sudah terbiasa memakan beras merah, maka saatnya sang bunda memberikan sayur atau buah bagi sang buah hati. Bunda bisa mengolahnya menjadi makan dan minuman dengan cara di blender. Karena nutrisi yang ada dalam buah dan sayur akan membuat bayi lebih sehat. Bunda juga harus menemukan cara agar makanan tersebut disukai oleh sang bayi. Menjadi seorang bunda memang dituntut untuk kreatif dalam memberikan makanan sehat untuk bayi.

Dalam beberapa bulan ke depan, bunda harus mulai mengkreasikan buah dan sayur dengan bahan makanan yang lain. Sebagai contohnya, bunda bisa memadukan bayam dan wortel yang telah dihaluskan sebelumnya dengan nasi tim. Biasakan memberikan sayur dan buah sejak bayi karena saat bayi tidak lagi mendapatkan ASI dari bundanya, ia akan mendapatkan nutrisi lain dari sayur dan buah yang dikonsumsinya. Maka dari itu bunda harus pintar-pintar memberikan makanan sehat untuk bayi dengan cara memberikan kreasi-kreasi pada makanan sang buah hati.

Jadi, bayi tidak akan bosan dengan makanan yang disantapnya. Sebenarnya, makanan bayi banyak tersedia di toko atau swalayan. Tetapi, sebaiknya sang bundalah yang memasak sendiri makanan untuk bayinya karena bundalah yang tahu betul apa yang dibutuhkan oleh buah hatinya. Lain halnya dengan makanan bayi siap saji yang mengandung bahan pengawet yang bisa membahayakan kesehatan si kecil. Maka bisa disimpulkan, hanya bundalah yang tahu makanan sehat untuk bayinya.

Dibaca 536 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page