Kebutuhan nutrisi untuk balita harus tetap terjaga karena jika kekurangan nutrisi dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Oleh sebab itu, bunda sebagai orangtua harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi bagi mereka.

Ada beberapa nutrisi yang penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan otak balita :

DHA

Elemen paling penting untuk perkembangan otak balita. Rata-rata balita disarankan mendapatkan asupan asam lemak omega-3  0, 7 s/d 0, 9  gram per hari nya. Sayangnya balita sekarang ini hanya mendapatkan 25 persen omega-3 saja. Padahal omega-3 sangat penting bagi perkembangan otak di 3 tahun pertama kehidupan balita. Bukan hanya untuk otak, tetapi juga membantu mengatasi alergi dan pilek, dan juga membantu tidur anak. DHA bisa bunda dapatkan pada telur, ikan, dan susu.

Kalsium dan Kalium

Kalsium adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan otot balita. Sedangkan kalium adalah nutrisi penting yang dapat mengontrol tekanan darah. Untuk mendapatkan kalsium, anak bunda harus sering mengkonsumsi susu, keju, yoghurt, saus apel, sereal, dll. Sedangkan untuk kalium bunda bisa memberikan anak bunda sayuran dan buah-buahan seperti pisang, kentang, kacang polong, brokoli, semangka, stroberi, dan melon.

Zat besi

Mineral yang berperan penting dalam membuat hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang memasok oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Jika anak-anak kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia. Solusinya, sering-sering mengkonsumsi bayam, ikan, jeruk, beras merah, roti gandum, sereal, dan yoghurt non lemak atau susu skim.

nutrisi, balita, vitamin, pertumbuhan, perkembangan otak

Serat

Serat sangat penting terutama bagi balita yang sering sembelit. Berikan balita makanan yang kaya akan serat terutama buah dan sayur. Oatmeal juga baik sebagai serat, apalagi oatmeal dapat menjaga kesehatan jantung.

Vitamin

Nutrisi lainnya yang dibutuhkan balita adalah vitamin. Banyak manfaat yang bisa didapat dari vitamin. Misalnya saja vitamin A yang  baik untuk kesehatan mata dan kulit. Sumber vitamin A didapat dari susu, keju, telur, wortel, ubi, dan labu.

Vitamin B yang terdiri atas B1, B2, B3, B6, dan B12 membantu metabolisme dan memberikan energi serta meningkatkan sistem peredaran darah dan saraf yang sehat. Sumber yang baik dari vitamin B adalah daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, dan keju.

Vitamin C membantu menjaga gusi tetap sehat dan memperkuat pembuluh darah. Vitamin D membantu tubuh menyerap mineral seperti kalsium yang dapat membentuk gigi dan tulang yang kuat. Sinar matahari sumber terbaik dari vitamin D.

Vitamin E membantu melawan kuman dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu dalam menjaga pembuluh darag agar alirannya bisa lebih lancar. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik.

Itulah beberapa nutrisi yang paling dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan otak balita di 3 tahun pertama kehidupannya.

Dibaca 424 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page